Monday 2 September 2013

Gado-gado


Hari ini saya pengen banget makan gado-gado, mana masih punya kacang goreng yang sudah dihaluskan, pasti tidak terlalu repot lagi.

Karena saya belum pernah bikin gado-gado, jadinya saya menanyakan cara membuatannya pada mama. Kata mama gado-gado itu bumbunya pakai ebi yang ditumis, sempat kaget juga sih, soalnya selama ini saya tidak pernah melihat abang gado-gadonya nguleg ebi. Tapi sayang mama juga tidak tahu pasti apa aja bahan yang digunakan, menurut mama yang pinter bikin gado-gado itu ii Asiau (adik mama). Nah, jadinya saya menelpon ii untuk menanyakan lebih lanjut.

Setelah mendapat cara-caranya, inilah resep yang saya racik berdasarkan keterangan dari ii.


wangi ebi dari bumbu gado-gadonya membuat perut keroncongan :)

Gado-gado

Sumber: Dapur Alba15

Bahan:
200 gram, kacang, giling
2 sendok makan gula pasir
1 sendok teh cabe halus/giling
250 ml air
2-3 sendok makan minyak goreng
Air jeruk nipis/cuka masak
Garam secukupnya

Bumbu halus:
3 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1 sendok makan ebi kering, rendam air hangat, tiriskan

Cara membuatnya:
  • Panaskan minyak dalam wajan, tumis bumbu halus sampai harum dan tumisan agak kering. Angkat.
  • Taruh kacang giling ke panci, tambahkan bumbu yang sudah ditumis, cabe, gula, garam dan air.
  • Masak hingga mendidih. Matikan api.
  • Tunggu uap panasnya hilang, tambahkan air jeruk nipis/cuka masak. Cicipi, sesuaikan dengan selera.
Isi atau sayuran yang digunakan, sesuai selera saja. Kalau saya kali ini saya gunakan:
- Kangkung, rebus sebentar
- Kacang panjang, rebus sebentar
- Labu siam, rebus
- Sawi, rebus
- Kol mentah
- Tahu dan tempe goreng
- Ketupat

No comments: