Friday 6 September 2013

Mie Celor (ala 26 Ilir)


Sebenernya pengen makan mie celor yang biasa makan di kampung halaman, yang kuahnya diberi telur kocok, eh malah tergoda sama resep ini. Katanya resep ini rasanya mirip banget sama Mie Celor 26 Ilir yang sangat terkenal di Palembang, yah walaupun belum pernah mencicipi, tidak ada salahnya toh. Apalagi cara membuatnya mudah.

Ternyata rasanya enak, sangat gurih, cocok dimakan sebagai sarapan ataupun cemilan di sore hari (terbayang dong betapa hobi makannya saya, hehehe... Cemilan aja porsinya berat seperti ini). Suami yang pemilih aja bisa doyan sama mie celor ini, hanya saja kalau suami yang makan ditambah kecap asin lagi sedikit, maklum suami hobi makanan yang asin-asin (tapi sekarang sedang berusaha untuk menguranginya)

Mie Celor Palembang

Sumber: Dapoerkoe
Modifikasi: Dapur Alba15

Bahan:
100 gram udang, ukuran sedang, kupas kulit dan kepalanya, potong kecil2 (kulit dan kepalanya jangan dibuang buat bikin kaldu, saya dari mendapatkan kulit dan kepala dari 250 gram udang)

Kaldu udang:
1250 ml air Kulit dan kepala udang Rebus air, kulit dan kepala hingga mendapatkan air kaldu yang lezat, saring, kemudian takar sebanyak 1100 ml (tambahkan air jika kurang)

Bumbu:
1 sendok makan ebi kering, rendam air hangat
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
150 ml santan kental
2 sendok makan kecap asin
1/4 sdt lada bubuk
2 sendok teh gula pasir
4 sendok makan tepung terigu, larutkan dengan air secukupnya
Garam secukupnya
Minyak goreng untuk menumis

Bahan pelengkap:
Mie telur kering, rebus dengan air hingga matang, tiriskan
Tauge (saya lebih menyukai tauge mentah, jika mau, bisa direndam air panas sebentar)
Seledri, iris halus
Telur rebus
Sambal cawit rebus (saya cabe rawitnya diiris-iris saja)


tauge mentah dan mie telur yang sudah matang

Cara membuat:
  • Haluskan bawang merah, bawang putih, dan ebi. tumis hingga harum, masukkan udang, tumis hingga udang berubah warna.
  • Masukkan ke dalam kaldu udang dan tambahkan santan kental, aduk rata dan didihkan.
  • Tambahkan kecap asin, gula, lada dan garam, kemudian beri larutan tepung terigu, aduk hingga mengental.
  • Susun mie telur, tauge, dan telur rebus dalam mangkuk, siram dengan kuah panas, taburi dengan daun seledri.
Note: Kuah mie celornya saya buat kental, hampir mirip saus, tapi tidak sekental saus, jadi sewaktu mie disendoki, kuah yang kental menempel di mie, slurrrp so easy, so nyummie~

5 comments:

dicky said...

ijin di copy ya trimakasih

Monica Rampo said...

Hai mba Hannie salam kenal,
Mba, aku sudah coba resep mie celor ala 26 ilir ini, makasih ya sudah sharing resepnya.
Aku sudah posting di blog ku mba dan sudah sebutin sumber dan link back ke dapur alba 15...
sekali lagi makasih ya...

ertiga semarang said...

saya suka mie celor rasanya mantab sekali

Hannie said...

salam kenal juga mba Monica, sayang sekali sambutan saya super telat karena selama ini sudah tidak aktif ngeblog... senang rasanya klo resep saya bisa membantu, semoga nanti saya bisa aktif ngeblog lagi... mba Monic, blognya cuantiiiik banget, hehehe, sukses ya :)

pipit said...

waaaaah enak banget nih jadi ngiler :D