Friday 20 February 2009

Pertempuran sengit melawan "Kembung"

Hahahah... akhir2 ini lagi ketagihan goreng ikan. Awal mulanya:
Suatu hari, karena bosen maem tahu tempe mulu (karena paling gampang masaknya, tinggal kasih garam, goreng deh, or di masak kuah-khusus tahu, tinggal cemplung cemplung, hehehe), iseng2 nanya ikan ama tukang sayur, katanya gmn klo ikan "Kembung" aja, soalnya gampang gorengnya, tulangnya jg ga banyak. Sempet saling pandang ma itu ikan, gmn ya, walau dibilang gampang, tetep aja bagi saya tidak gampang. Akhirnya dengan sedikit keberanian, menyoel ibu sebelah (tukang sayurnya sibuk melayani pelanggan laen). Terjadi percakapan singkat:

Saya : "Bu goreng ikan ini gmn ya"
Ibu : "Gampang (kok kata ini mendadak tenar), tinggal buang insangnya, kasih air jeruk, garam'in, goreng dah"

Saya masih manggut2 aja. Mendadak ibu laen nyamperin.
Ibu 2 : "Iya, tinggal kasih garam + air jeruk, gores2 badannya"
Saya : "Ooo digores-gores dulu ya, bu"
Ibu 2 : "Ga usa banyak2 goresnya, paling 2 aja"
Saya : "Oiya, buang insangnya gmn? (baru ngeh)"
Ibu 3 (ternyata ibu2 ini pada baek ya) : "Tinggal suruh noh bersihin" (sambil nunjuk tukang sayur, tapi nunjuknya ga pake tangan alias pake mulut, monyong dah...)
Saya : "Bersihin sisiknya?"
Ibu (kayaknya yg jawab ibu pertama deh, uda ga jelas) : "Ikan ini ga ada sisiknya"

Saya manggut2 lagi.
Saya : "OOO makasih ya, bu"
Diskusipun bubar, para ibu2 sibuk memilih sayur lagi.

Dengan seplastik ikan "Kembung di tangan" dengan PD saya ngantri mau bayar ke tukang sayur, sambil minta dibersihin insangnya. Ternyata bersihin insang itu gampang ya, tinggal tarik aja, bersih deh...

Sampai di rumah, dengan perasaan deg2an coz pertama kali beli+menggoreng ikan. Tidak lupa saya nyomot jeruk nipis dari pohonnya, kebetulan ada pohon jeruk nipis di depan rumah, mulailah saya beraksi.

Ikan saya keluarin dari plastik, ternyata di plastiknya penuh darah ikan segar, sempet menggidik liatnya. Hihhh. Pas cuci2 itu ikan, kok kayaknya ada sisik ya?! sambil mengingat cara nyokap waktu bersihin sisik ikan, saya pun mempraktekan apa yg diinget. Pas bersihin sisik ini lah kejadian yang paling menyeramkan terjadi, hihhh, itu ikan kok melotot ya, ekornya jg ikutan goyang2 seerreeemmm euy (hiperbola .mode). Dengan mata sedikit terpejam, akhirnya saya memenggal kepala ikan (biar dia ga melotot lagi) dengan bulu roma menggidik, darah segar nyebar, ada di pisau, di tangan saya, di talenan, hiiiiiiiiihhhhhh serem banget, buru2 dah itu kepala ikan saya taruh di plastik dan dibuang ke tong sampah, piuh akhirnya aman. Bersih2 ikannya lanjut lagi.

Setelah ikannya bersih, saya tetesin dgn air jeruk dan lumurin garam, oiya, ga lupa buat 2 goresan di badan tuh ikan (sesuai anjuran ibu 2). Dan goreng deh. Karena masih amatiran, takut minyaknya muncrat ke mana-mana, saya pake tutup panci, heheheh.. Aman deh.

Ga lama, aroma ikan goreng uda nyebar ke seluruh rumah, hmmm nyummie nich. Nampaknya ga sabaran buat nyoba ikan goreng yang masih hangat + tidak lupa pake kecap cocol. Untuk kecap cocolnya saya sempet nelpon nyokap dulu, nanya cara buatnya (gubrak, bener2 amatiran), ternyata gampang aja cukup campur kecap manis + kecap asin dikit + tambah potongan cabe rawit & bawang merah + tetesin dikit dengan air jeruk, jadi deh.

Lahap banget saya makan. Nyummie... Enaaakkk banget... Sapa dulu donk yang masak.

Nb: hari ini saya goreng ikan "Kembung" lagi loh. Huahahahah...

No comments: