Thursday 27 June 2013

Enaknya Makan Ketoprak Buatan Sendiri

bumbu kacang yang kental dan rasa yang bisa disesuaikan dengan lidah sendiri, membuat ketoprak ini tiada duanya hihi

Horee akhirnya bikin jg ketoprak, nekat meskipun suami ga gitu doyan. Abisnya klo beli di abang keliling suka ga enak, saus kacangnya suka encer bgt, jd kurang mantap, klo beli di warung makan favorit, kejauhan.

Ternyata buatnya tidak terlalu susah. Bagian tersusah hanya terletak di menggoreng kacang, yang sampai sekarang saya masih deg2an, klo ga pas suka masih mentah atau rasanya pahit. Emang goreng kacang gampang2 susah, karena walaupun api sudah dimatikan, dan kacang sudah diangkat dari atas wajan, proses masak si kacang masih berlanjut, inilah yg menyulitkan saya unt menentukan kapan kacang diangkat dari penggorengan.

Menurut saya, waktu yg pas ketika kacang sudah mulai kekuningan, dan mulai tercium aroma kacang goreng, trs gunakan api kecil cenderung sedang, jgn gunakan api besar, nanti cepat gosong.

Ketoprak

Sumber: Dapur Alba15

Bahan:
200gr kacang tanah, yg telah digoreng dan digiling bersama garam
Cabe rawit merah, rebus sampai layu
Ketupat
Bawang putih yg digoreng utuh
Timun
Bihun
Tahu yang digoreng sebentar
Bawang goreng
Jeruk nipis/limau
Kerupuk
Garam secukupnya

Cara:
Saya sengaja membuat ketoprak versi abang2, yg bumbunya diuleg jika ada yang memesan. Biar kesannya lebih profesional. Hahaha..


lihat, ketupatnya beda warna, hihihi… Itu karena saya belinya di 2 tempat yang berbeda

Untuk 1 piring ketoprak saya menggunakan takaran berikut:
Uleg 11/2 siung bawang putih bersama 1cm gula merah dan cabe rawit sesuai selera.
Kemudiah tambahkan kacang giling, tambahkan air matang sedikit demi sedikit sambil diuleg2 hingga tercampur rata, cicipi jika kurang asin, bisa tambahkan garam lg. Terakhir beri perasan jeruk nipis/limau sedikit.

Susun di piring ketupat dan tahu yang telah dipotong-potong, bihun, toge dan timun yang diiris2 kecil. Siram dengan bumbu kacang, aduk-aduk. Terakhir tuang kecap manis diatasnya sesuai selera, taburi dengan bawang goreng dan kerupuk, saya tidak menggunakan kerupuk karena kuatir penggunaan bleng pada krupuk yg dijual di pasaran (target saya suatu saat akan bikin kerupuk sendiri, hihihi).


ini produk sampingan hihhi… Karena saya sangat suka makan bakwan yang disiram bumbu kacang, sluurruupp nyummie

Dengan kacang 200gr, saya mendapatkan 4 piring ketoprak.

Selamat menikmati. Sluruppp...

No comments: