Wednesday 12 June 2013

Rendang Daging dan Kacang Merah

Hmm sebenarnya keinginan untuk mengupdate blog ada, tapi apa daya, kadang ga punya bahan yang ingin ditulis. Apalagi akhir-akhir ini produktivitas dapur menurun hiks hiks hiks. Alasannya klasik, "Ingin diet!" hahaha... Maksud hati ingin suami yang gemuk, tapi malah diri sendiri yang gemuk, sedangkan dia yo tetap langsing-langsing aja, hahahaha... Emang susah, suami emang ga doyan makan sih, kalau makan ya sekedarnya, asal ga laper aja :( Nah kalau bikin-bikin kue atau cemilan, habisnya bisa 3 hari, bikinnya sih ga banyak-banyak, biasa menggunakan 2-3 butir telur untuk sekali bikin kue, pengen bagi ke tetangga kok masih kurang PD, hasilnya sebagian besar kue tersebut masuk ke perut saya, hihihihi...

Yah udahan ahhh curhatnya, mending bagi-bagi resep aja :D Kali ini saya akan berbagi resep Rendang Daging plus Kacang Merah, soooo nyummy, ini favorit saya loh. Waktu masih di kampung saya sering sekali menyantap rendang kacang merahnya aja, tanpa daging, kadang nasi santan (kalau di Jakarta, nasi uduk) yang dijual di pasarpun menggunakan rendang kacang merah ini sebagai lauk pendampingnya, dan tentu saja akan menjadi pilihan saya untuk mengisi perut di pagi hari :)

Saya menggunakan panci presto, merek Maxim untuk memasak rendang ini, agar menghemat waktu dan gas, meskipun banyak sekali orang yang berpendapat kalau memasak rendang menggunakan panci presto hasilnya tidak enak, tapi bagi saya yang hobi makan ini, rendang yang dihasilkan tetap super nikmat, apalagi tidak perlu sering diaduk-aduk, hanya tinggal cemplung semua bahan, daging sudah empuk dan bumbu meresap, sangat praktis!

menurut sebagian orang tampilan rendang buatan saya ini belum dikategorikan rendang, masih kalio, yah apapun panggilannya yang penting nikmattt.
Saya menggunakan kacang merah basah, saya beli di pasar yang masih ada kulitnya. Kacang basah ini lebih cepat empuk, jadi bagi yang menggunakan kacang merah kering, lama memasaknya disesuaikan saja ya. Dan lama memasak juga tergantung dari jenis panci presto yang digunakan.


Rendang Daging dan Kacang Merah
(menggunakan panci presto merek Maxim)

Bahan :
1/4 kg daging
1/4 kg kacang merah basah
8 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1 ruas jari jahe
1 ruas jari lengkuas
2 batang sereh, digeprek
2 lbr daun salam, sobek
2 lbr daun kunyit, sobek dan bikin simpul
2 lbr daun jeruk, buang tulang daunnya
2 sendok teh cabe halus
Garam dan gula sesuai selera
Santan kental secukupnya

Cara:

  • Potong daging sesuai selera (kalau saya tidak mau repot, minta tukang dagingnya yang potongi, bilang aja untuk buat rendang, hihihihi).
  • Blender bawang, jahe, lengkuas dan cabe halus bersama sebagian santan hingga halus.
  • Taruh daging, sereh, daun salam, daun kunyit, dan daun jeruk ke dalam panci presto, tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan santan sampai semua daging terendam sempurna. Aduk agar bumbu merata.
  • Masak selama 15 menit sejak panci presto berdesis.
  • Tunggu hingga uap di dalam panci hilang, masukan kacang merah, masak lagi selama 10 menit sejak panci presto berdesis.
  • Jika kuah kurang kental/kering, masak di atas wajan dengan api sedang hingga kuah mengental sesuai selera.

No comments: