Monday 18 March 2013

Pepes Ayam

Tiba-tiba pikiran saya teringat waktu dulu kerja di Orang Tua Group, di mana dulu saya dan teman-teman melakukan stock opname di pabrik yang letaknya di Karawang. Hampir setiap pulang kami mampir ke rumah makan yang menyediakan beraneka ragam pepes, semuanya nikmat, mulai dari pepes ayam, oncom, tahu, jamur, dll (mungkin ada pepes lainnya yang saya lupakan :D), entah kapan saya dapat menyantapnya lagi.

Hmm daripada nanti ngeces dan terbawa mimpi, hihihi... Akhirnya saya berniat mencoba bikin sendiri, mana tahu dapat mengobati rasa kangen.

Ternyata banyak resep pepes yang beredar di internet, sampai bingung yang mana mau dicoba, sebenarnya agak trauma nyoba-nyoba resep di internet, rasanya suka tidak cocok, tapi yah mau bagaimana lagi, kalau tidak berani mencoba, kapan makan pepesnya! Hihihi. Resep jatuh pada resep Pepes Ayam yang ada di blog http://agsfood.blogspot.com, penampilannya menarik, sayang saya belum bisa membuat semenarik itu, tapi kalau soal rasa, menurut saya sudah cocok di lidah. Mungkin karena menggunakan ayam filet dan tanpa jamur, jadi pepes versi saya kurang berisi, lain kali saya akan menggunakan ayam dengan tulangnya, dan sekarang ini saya posting foto yang belum tampak isinya ya, malu :">

Resep saya ubah sedikit, mengikuti stok bumbu yang ada di rumah dan selera suami. Serai saya ganti dengan lengkuas dan karena suami tidak suka jamur, maka pepes ayam versi saya tidak menggunakan jamur.

Resep ini pernah saya aplikasikan menjadi pepes tahu, menggunakan serai yang dipotong kecil-kecil, tapi tanpa santan dan saya menambahkan sebutir telur ayam. Namun ternyata potongan serai yang agak kasar malah mengganggu lidah saya. Lain kali saya akan nyoba bikin pepes tahu lagi, semoga rasanya memuaskan dan nanti akan saya posting di blog ini. :)

Pepes Ayam
Resep dimodifikasi sedikit dari: http://agsfood.blogspot.com/2008/11/pepes-ayam.html



Bahan :
200 gram daging dada ayam filet, potong kecil memanjang
2 sdm air jeruk nipis
1 sdt garam
2 lembar daun salam, buang tulang daunnya, sobek menjadi 4
75 ml santan kental
Segenggam kemangi, ambil daunnya
Daun pisang dan lidi untuk menyemat

Bumbu halus :
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 bh cabe merah
3 butir kemiri, sangrai
1 cm jahe
1 cm lengkuas
1 cm kunyit
1 sdt garam

Cara membuat :
  1. Lumuri ayam dengan jeruk nipis dan garam selama kurang lebih 15 menit.
  2. Kemudian di dalam mangkok campurkan ayam, bumbu halus, santan dan daun kemangi menjadi satu, aduk rata. Diamkan selama 15 menit biar bumbu meresap.
  3. Ambil 2 sdm adonan ayam dan bungkus dengan daun pisang lalu semat dengan lidi
  4. Kukus selama 30 menit. Jika suka bisa di bakar di atas bara api sampai harum sebelum disajikan.
Note: Agar daun pisang tidak gampang robek, dapat dipanaskan sebentar di atas api sampai warna daunnya sedikit berubah dan lebih layu.

No comments: