Monday 9 September 2013

Sayur Lodeh, Gampang & Enak!


Sebelumnya saya sudah mempunyai resep sayur lodeh andalan, tapi kali ini saya ubah sedikit pada bumbu yang digunakan. Yang biasanya selalu saya tambahkan ebi atau ikan teri asin untuk menambah rasa dan aroma, tapi kali ini saya tidak menambahkannya. Eh ternyata malah enak, dan saya malah lebih menyukai versi ini, rasanya tidak terlalu tajam sehingga bisa dinikmati dalam jumlah yang banyak *glek, bisa tambah ndut nih, hahaha...

Membuat sayur lodeh tidaklah susah, namun bagi saya yang dulunya tidak bisa masak sama sekali, sempat kebingungan apa saja bumbu yang digunakan, waktu itu saya sempat bertanya pada seseorang, tapi tidak dijawab. Untunglah saya menemukan blog mba Diah Didi dan pada mba Diahlah akhirnya saya mengetahui bagaimana cara membuatnya. Meskipun versi buatan saya berbeda, tapi saya tetap ucapkan terima kasih sekali kepada mba Diah.

Berikut resepnya:

Sayur Lodeh

Sumber: Dapur Alba15

Bahan:
1 buah labu siam yang kecil, potong memanjang
1 buah wortel, potong-potong
1 genggam daun melinjo yang muda
4 buah tahu coklat (tahu yang sudah digoreng), potong-potong
3 buah kacang panjang, potong-potong
Sedikit tempe (punya stok tinggal sedikit sih :D )
1000 ml santan encer

Bumbu:
1 cm lengkuas, memarkan
1 lembar daun salam
5 buah cabe merah, iris serong
Garam dan gula secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 btr kemiri

Untuk isian sayur-sayurannya, bisa diganti sesuai selera saja ya.

No comments: