Saturday 14 September 2013

Agar Jelly rasa Jeruk


Kalau hari panas begini, emang paling enak makan agar-agar, segar dan dingin. Sebenarnya saya bukan penyuka agar-agar, tapi bolehlah sekali-kali bikin. Kebetulan masih ada stok nutrijell rasa jeruk. Hihihi... Malu juga sih posting resep ini karena benar-benar sederhana, tapi tidak apa-apalah, daripada kategori puding masih kosong.

Kebiasaan saya jika memasak nutrijell selalu saya campur dengan agar-agar agar (nah loh banyak banget kata 'agar' hahaha) teksturnya tidak terlalu kenyal. Suami juga cukup suka agar-agar ini.

Yang menjadi pertanyaan saya selama ini, "Apasih perbedaan antara agar-agar dan puding?", saya selalu kesulitan menentukan nama, apakah ini agar-agar atau puding. Setelah saya cari informasi di internet, akhirnya saya dapat menarik kesimpulan:
* Agar-agar, makanan yang terbuat dari rumput laut, teksturnya lebih padat dan lebih mudah patah/pecah.
* Sedangkan puding, bisa saja terbuat dari agar-agar, campuran tepung, susu, telur, dan lain-lainnya, teksturnya lebih lembut.
Jika ada teman-teman yang ingin menambahkan atau pemahaman saya masih salah, silahkan menulisnya di kolom komentar ya, dengan senang hati saya terima...


warnanya cerah, ngeliatnya segerrrr, apalagi dimakan :p

Agar Jelly rasa Jeruk

Sumber: Dapur Alba15

Bahan:
1 bungkus nutrijell rasa jeruk
1/2 bungkus agar-agar
4.5 sendok sayur gula pasir
1000 ml air
Susu kental manis secukupnya

Caranya:
  • Taruh bubuk nutrijell, agar-agar dan gula ke dalam panci, tuang air dan aduk-aduk.
  • Masak dengan api kecil, sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Matikan api, tunggu uap panas hilang, tuang ke cetakan puding, sisakan sedikit untuk lapisan atas.
  • Tunggu sampai permukaan puding cukup keras, setelah permukaan atas puding cukup keras, panaskan kembali sisa larutan puding, hilangkan uap panas lalu tambahkan susu kental manis sesuai selera, aduk rata, tuang ke atas puding yang tadi telah kita buat.
  • Setelah cukup dingin, simpan di lemari pendingin.

No comments: