Friday, 27 December 2013

Waktu Memasak Panci Presto (Maxim)

Panci Presto Maxim 4L
Waktu berikut adalah waktu yang saya catat berdasarkan pengalaman selama menggunakan panci presto merek Maxim, catatan di bawah ini juga saya gunakan sebagai pengingat diri saya sendiri.

Waktu terhitung setelah terdengar suara mendesis dari panci presto.

Daging dan Ikan
  • Daging untuk sop, biasanya has dalam/ sengkel = 20 menit
  • Ayam negeri/ broiler = 12 menit (bukan tulang lunak)
  • Bandeng presto = 60 menit (catatan: tulang tengah ikan tidak lunak)

Biji-bijian
  • Kacang tanah (kering) = 30 menit
  • Kacang hijau (kering) = 20 menit
Sayuran
  • Wortel untuk sop = 1.5 menit

Umbi-umbian
  • Singkong = 7-10 menit
  • Kentang untuk sop = 1.5 menit

Semoga bermanfaat :D

6 comments:

novi said...

Mohon info nya untuk memasak dengan panci presto air yang diperlukan pada saat memasak.Thanks

Hannie said...

kalo saya biasanya tergantung banyaknya bahan yang digunakan, usahakan semua bahan tertutupi air, semoga membantu ya mba Novi.

Fitry said...

Kalo buat rebus ceker (tulang tidak lunak) berapa lama? saya masih takut saat mau buka tutupnya klo dah beres, gmn caranya ya?

Hannie said...

Maaf banget blom pernah ngerebus ceker, karena bkn penggemar ceker, mungkin bs uji coba sendiri gunakan waktu yg tidak lama jika blom lunak bs direbus ulang lagi :) ... Sebelum buka tutupan panci, pastikan semua uap sudah hilang, tombol dekat pegangan biasanya sudah turun (ini pengaman panci presto merek maxim, kl tombol ini blom turun tutupan tidak bs dibuka, sepengetahuan saya)... Kalo saya biasanya, saya cek dengan cara mencungkil tutup yg ada di tengah (klo pas masak goyang2 tutupnya), gunakan sendok, takut klo masih ada uap bisa kena tangan, klo sudah tidak berdesis lg, berarti sudah aman untuk dibuka.

enifa varenz said...

Mbk hannie mau minta bantuan,,,,
Nie baru beli presto maxim 7lt
Rncn pgennnnnnn buat presto Bandeng,
Bandeng ny 2 kg
Yg jd pertanyaan saya, enakan Bandengny ditaruh diatas Tatakan atau langsung di panci, brp lm waktu memasang, dan berapa ukuran aer ny
Trm ksh mbk hann

Hannie said...

mba Enifa, saya pernah bikin bandeng presto, ini linknya: http://hanniehendra.blogspot.co.id/2013/07/bandeng-presto.html.
klo saya bandengnya langsung taruh di pancinya, tapi sebelumnya dialasi daun pisang dulu. Airnya kira2 aja mba, harus menutupi semua permukaan ikan. Waktu itu saya memasak selama 1jam, cuman tulang tengahnya belum lunak, mungkin nanti bisa ditambah sedikit waktunya. Klo sudah masak, ikannya tunggu dingin dl ya, baru dikeluarkan dari panci, klo masih panas nanti gampang hancur.