Wednesday 9 October 2013

Brownies Panggang, Enak & Legit!


Sudah lama tidak membuat brownies, percobaan terakhir benar-benar membuat saya kapok, teksturnya bener-benar bikin eneg, tapi ini menurut saya saja, sedangkan menurut suami dan saudara brownies terakhir yang saya buat cukup enak. Tapi bagaimana mungkin saya membuat kue yang tidak saya sukai dan tidak akan saya makan, bukankah itu suatu siksaan, betul?!... Saya lebih menyukai brownies panggang yang teksturnya kering/renyah di luar dan dalamnya tidak terlalu lembut, karena jika teksturnya lembut itu sama saja dengan bolu, lebih baik saya membuat bolu coklat aja, hehehe...

Nah, setelah berkali-kali seorang teman menyarankan saya untuk membuat brownies (menurut dia brownies mudah dibuat dan sangat cocok untuk dijual), hati sayapun mulai tergerak untuk membuat brownies lagi. Mulailah saya mencari resep brownies yang mudah tanpa menggunakan mikser, akhirnya hati ini jatuh pada resep brownies panggang primarasa.


Tapi berhubung belum punya loyang brownies yang panjang, saya gunakan loyang persegi, tapi ternyata ketebalan (loyangnya kekecilan), sehingga saya kurang yakin dengan hasilnya. Mana sewaktu di oven, browniesnya mengembang gendut di tengah, perasaan sudah was-was. Dites tusuk berkali-kali, kok teksturnya masih basah petanda belum matang, semakin membuat semangat menciut, waktu yang ditentukan dalam resep meleset jauh, brownies saya memakan waktu yang jauh lebih lama untuk matang.

Setelah browniesnya matang, dengan separuh jiwa saya hias atasnya dengan coklat leleh, dasar tidak berbakat, hasilnya jelek sekali (bisa liat pada foto di bawah ini), mungkin anak TK lebih bagus menghiasnya daripada saya, hahaha...


benar-benar tidak berbakat menghias kue, hahaha…

Te... ta... pi... brownies ini mendapat pujian dari suami, hohoho... dan hampir 1 loyang habis dimakan dia seorang, aduhh senangnya, bencana malah menjadi sesuatu yang sesuatu banget, hihihi... Makanya resep ini segera saya posting di blog, biar nanti kalau sudah punya loyang brownies yang cocok, bisa dicoba lagi, semoga hasilnya lebih cantik dari ini :D

Brownies panggang

Sumber: Primarasa

Bahan:
3 butir telur
100 gram dark coklat cooking/DCC
100 gram margarine tawar (saya gunakan margarin salted, blueband)
150 gram gula halus
100 gram terigu
1/2 sendok teh vanili
1 sendok makan coklat bubuk
Topping: coklat meises/keju parut/kacang almond/choco chips

Cara membuat:
  • Tim coklat diatas air mendidih sampai meleleh (pakai pinggan lebih baik atau wadah stainless yg besar).

    saya menggunakan 2 buah panci, 1 berisi air panas dan 1 lagi berisi potongan coklat

  • Masukan margarine, aduk dengan wisk sampai bercampur, lalu angkat.
  • Masukan gula halus, aduk lagi sampai gula tercampur rata, lalu dinginkan.
  • Masukan telur satu persatu, aduk-aduk hingga adonan mengkilap (aduk dengan wisk hingga mengkilap), lalu masukan vanili dan coklat bubuk.
  • Terakhir masukan terigu sambil diayak, sedikit demi sedikit.
  • Tuang ke dalam loyang ukuran 30x10x4cm, yang sudah diolesi mentega/margarin dan terigu.
  • Taburi meises/parutan keju/kacang almond/choco chips (saya tidak gunakan).
  • Panggang dengan oven selama 25 menit, dengan api sedang. (saya menggunakan suhu 160 derajat).

awalnya tidak begitu yakin, jadinya dipotong menggunakan pisau dapur, hasil potongan kurang mulus :(

No comments: