Monday 16 September 2013

Asam Pedas Ikan Tenggiri


Kali ini lagi-lagi tergoda dengan resep mba Endang yang superr pedas ini.
Bahkan jauh-jauh hari saya sudah niat'in untuk menjemur cabe. Ternyata butuh waktu yang cukup lama juga untuk mengeringkan cabe meskipun cuaca begitu panasnya, kirain bisa 1-2 hari saja.

Perjuangan saya tidak hanya sebatas cabe kering, setelah hari ini dijadwalkan untuk bikin asam pedas ini, satu pasar saya cariin belimbing wuluh, eh tiba-tiba raib, tidak ada satupun yang menjualnya, terpaksa menggunakan tomat hijau.

Oiya, satu hal lagi, berhubung masih punya sambal terasi sisa makan lele goreng (lele Lela), jadinya saya tidak menambahkan terasi, tapi saya tambahkan sambal terasi ini yang rasanya ampun-ampun deh pedasnya (karena ini cara sesat, tidak saya tulis di resep)


pedasnya bikin bibir jontor, hahaha

Asam Pedas Ikan Tenggiri

Sumber: Just Try and Taste
Modifikasi: Dapur Alba15

Bahan:
300 gram ikan tenggiri, cuci bersih dan potong sesuai selera.
6 buah tomat hijau, belah 4
1 buah tomat merah, belah 8
300 ml air

Bumbu, dihaluskan:
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 ruas jahe
12 buah cabe merah kering, rendam air panas agar empuk
1 sendok teh terasi, bakar
2 ruas kunyit
3 sendok makan minyak untuk menumis


jemur cabe hingga benar-benar kering, sehingga bisa disimpan dalam waktu yang lama

Bumbu lainnya:
3 batang serai, memarkan
5 lembar daun jeruk
2 sendok teh garam
2 sendok makan gula pasir
3 sendok makan air asam Jawa (rendam sebongkah asam dengan air hingga daging asam lunak, remas-remas dan saring airnya).

Cara membuat:
  • Panaskan minyak di wajan, masukkan bumbu halus, tumis hingga bumbu berubah warna dan harum baunya. Tandanya bumbu matang. Masak hingga bumbu kering dan terlihat berminyak. Masukkan serai dan daun jeruk, aduk.
    Notes: Minyak yang banyak memang akan membuat bumbu matang, berwarna merah gelap dan tidak mudah gosong. Jadi tambahkan minyak sesuai selera anda saat menumis bumbu.

  • Tuangkan air ke dalam bumbu, masak hingga air mendidih. Tambahkan gula, garam, aduk rata. Masukkan ikan. Masak hingga ikan setengah matang.
  • Masukkan tomat dan air asam jawa. Aduk dan masak hingga semua bahan matang. Cicipi rasanya, sesuaikan rasa gula, garam dan asam. Kuah harus terasa asam, asin dan sedikit manis. Angkat dan hidangkan.

No comments: