Tuesday 22 October 2013

Peanut Cookies


Mencicipi (alias melahap hihihi) kukis yang satu ini tidak akan pernah ada kata bosan deh, hap hap pasti tidak terasa setengah toples sudah ludes berpindah posisi ke dalam perut, hahaha. Duluuu banget, pernah bikin, sebelum ada oven, panggangnya pake happy call (ternyata dulu saya benar-benar gigih ya :D), tapi hasilnya kurang memuaskan, apalagi dulu saya benar-benar tidak mengerti cara membuat kukis, pas ditanya yang punya resep di blog, sama sekali tidak dijawab, sedih banget deh.

Nah, sekali ini saya niatkan kembali untuk membuat kukis ini karena kukis ini termasuk kukis favorit saya. Demi menyederhanakan proses pembuatan, saya menggunakan selai kacang yang ditambah sedikit kacang goreng yang saya tumbuk tidak terlalu halus agar tektur kacangnya lebih terasa. Emang sih membuatnya lebih mudah, bisa dibayangkan dong gimana lamanya mengupas kulit ari kacang satu per satu, benar-benar memakan waktu, tetapi dari segi biaya, ternyata selai kacang harganya jauuuhh lebih mahal, lain kali saya akan menggunakan kacang tanah yang telah dikupas saja deh, meskipun katanya rasa kacangnya tidak semanis kacang yang belum dikupas.

Yang tidak mau repot, silahkan menggunakan resep di bawah ini. Soal rasa? Pasti ketagihan deh. Hasilnya juga banyak, sekitar 2 toples. Selamat mencoba.


rasanya renyah dan gurih


Peanut Cookies

Sumber: Dapur Alba15

Bahan:
240 gram selai kacang
50 gram kacang tanah, goreng, kupas kulit arinya, tumbuk kasar
150 ml minyak goreng
150 gram gula halus
300 gram terigu
1 sendok teh garam


kacang yang saya tumbuk kasar dan selai kacang kemasan yang saya gunakan

Olesan:
1 kuning telur, tambahkan 1 sendok makan margarin cair

Cara membuatnya:
  • Campur selai, kacang tanah, gula halus, terigu dan garam, terakhir tambahkan minyak goreng, aduk rata menggunakan sendok atau spatula.
  • Setelah adonan tercampur rata, ambil sebagian adonan, bulatkan, kemudian tipiskan, taruh di nampan atau permukaan luas dan rata yang sebelumnya telah diolesi minyak tipis-tipis, cetak-cetak adonan.
  • Pindahkan adonan yang telah dicetak ke loyang yang telah diolesi margarin, olesi bagian atas adonan dengan bahan olesan.

    adonan ketika dibentuk, lama kelamaan akan kalis dan licin

  • Panggang dengan suhu 170 derajat celcius selama kurang lebih 20 menit (saya menggunakan api atas dan bawah, taruh loyang di rak tengah).


kloter pertama, manggangnya kelamaan hihihi... jadi ada yang sedikit gelap, tapi belum dikategorikan gosong :D

No comments: