Friday 20 December 2013

Semur Betawi Pedas


Resep semur ini sudah lamaaaa banget tersimpan di komputer, akhirnya sempat juga dieksekusi, hehehe. Dan sesuai harapan resepnya mantap banget, aroma rempah-rempahnya, sedaappp. Teman-teman tidak bakalan rugi kalau mau mencobanya, suami yang biasanya milih-milih soal makanan, kali ini tidak protes :D

Asalnya semur ini dimasak menggunakan wajan biasa, dimasak dalam waktu yang lama hingga dagingnya empuk, tapi saya ingin yang praktis dan tidak mau masak berlama-lama, jadinya saya gunakan panci presto. Dan saya sedikit memodif bumbu yang digunakan, seharusnya menggunakan beras, ketumbar dan jintan yang disangrai dan dihaluskan, lagi-lagi saya ingin yang gampangnya aja, saya ganti dengan tepung beras, ketumbar bubuk dan jintannya langsung saya haluskan.

Semur Betawi Pedas
(menggunakan panci presto merek Maxim)

Sumber: Nining's Kitchen
Modifikasi (sedikit): Dapur Alba15

Bahan:
½ kg daging sapi potong-potong
2 batang sereh, geprek
3 cm lengkuas, geprek
3 lembar daun salam
5 buah cengkeh
3 cm kayu manis
6 sendok makan kecap manis
7 buah cabe rawit utuh
200 ml Air
Garam dan gula pasir secukupnya

Bumbu yang dihaluskan/ blender:
10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1 cm jahe
½ sendok teh lada bubuk
½ sendok teh pala bubuk
1 sendok teh ketumbar bubuk
¼ sendok teh jintan

Pengental:
½ sendok makan tepung beras

1)Bumbu yang digunakan, 2)Taruh semua bahan (kecuali tepung beras) ke dalam panci presto, 3)Daging yang telah matang, 4)Tambahkan tepung beras, masak kembali

Cara membuatnya:
  • Masukkan bumbu dan air ke blender, haluskan.
  • Taruh daging di panci presto, tuang bumbu halus, dan bahan lainnya (kecuali tepung beras). Tambahkan air jika diperlukan. Masak daging selama 25 menit sejak terdengar suara berdesis.
  • Setelah daging matang, tunggu hingga uap pada panci presto hilang, buka tutupnya, masukkan tepung beras, masak sebentar sambil diaduk sampai kuah mengental.
  • Angkat dan hidangkan dengan taburan bawang goreng (jika suka).

No comments: