Monday 11 February 2013

Bumbu Kacang (Bumbu Siomay)

Nasib bumbu kacang yang dihangatin berulang kali :D
Berhubung bumbu kacang ini cukup sering saya gunakan untuk berbagai masakan dan cemilan, jadinya saya posting tersendiri agar lebih mudah untuk ditemukan. Foto yang terpasang adalah foto lama, soalnya belum sempat jepret foto yang baru, hehehe...

Sebenarnya foto itu diambil setelah bumbu kacangnya keluar masuk kulkas dan telah dihangati berkali-kali karena yang menyukai bumbu kacang hanya saya seorang, jadi meskipun buatnya cuman sedikit, bertahan cukup lama di rumah. Sedangkan kalau saya buat sedikit sesuai porsi makan saya, saya pikir tanggung sekali, mana tidak bisa menggunakan blender, jadi ya sudah, menjadi stok aja di kulkas. :D


Bumbu Kacang (Bumbu Siomay)

Modifikasi: Dapur Alba15

Bahan:
250 gram kacang tanah goreng
3 biji cabe merah, buang bijinya
3 buah bawang merah
2 sendok makan gula merah, disisir
50 ml minyak sayur
500 ml air
Gula pasir dan garam secukupnya
Air jeruk nipis/limau sesuai selera

Cara:
  • Campur semua bahan, kecuali air jeruk nipis, haluskan dengan blender (biasanya saya menggunakan sebagian air, sisanya nanti saya gunakan untuk mengambil sisa-sisa kacang yang masih menempel di blender).
  • Kemudian masak hingga mendidih dan kental. Setelah dingin, tambahkan air jeruk nipis. Aduk rata.
Note: Untuk membuat bumbu kacang ini, goreng kacangnya sampai agak kecoklatan (nyaris gosong), soalnya dulu saya pernah bikin kacang gorengnya kalau dimakan langsung enak, renyah, eh pas dibuat bumbu kacang kok kesannya masih mentah ya.

No comments: