Wednesday 20 November 2013

Masak Praktis Dengan Happy Call


Beberapa hari ini benar-benar bingung mau masak apa. Semuanya terasa membosankan, huff tapi mau bagaimanapun harus tetap masak, maklum posisi sebagai chef tunggal :D

Eeh tau-tau, mendadak tadi malam suami bilang makan brokoli bagus untuk mencegah kanker dan dia bersedia makan brokoli, hahaha, tumben banget kan, biasanya harus dengan penuh perjuangan dulu agar dia mau memakannya, sampai bela-belain saya sendokin langsung ke piringnya. Dari celotehan suami inilah saya hari ini ke pasar beli brokoli dan berharap di pasar ada yang jual udang juga. Syukurlah pas sampai di tukang ikan, udangnya ada, walaupun kondisinya tidak begitu segar, tapi masih dalam kondisi baik, yah begitulah akhir-akhir ini susah mendapatkan udang segar sejak dolar menanjak naik, kata ibu di pasar sih udang itu termasuk komoditi ekspor, jadi udangnya banyak dikirim ke luar negeri, hebat juga pengetahuan ibu satu ini, hehehe.

Kebetulan di kulkas masih ada sisa ikan bawal yang sudah dibumbui, rencana mau digoreng dengan Happy Call aja, biar tidak terlalu berminyak. Jadilah hari ini menu praktis Tumis Brokoli Udang dan Ikan Bawal Goreng, yang semuanya saya masak menggunakan happy call, lumayan mengurangi cucian, habis menumis brokoli, lap dengan tisu, lanjut lagi menggoreng ikan, mudah ya. Nah, jika ada yang ingin mencoba cara malas saya ini, monggo silahkan, berikut saya sertakan cara memasaknya.

Jika memasak brokoli dengan happy call, cepat sekali matangnya, dan warnanya masih hijau segar, enak deh.

Tumis Brokoli Udang

Sumber: Dapur Alba15

Bahan:
1 buah/bongkol (tidak tau istilahnya :D) brokoli, potong dan cuci bersih
50 gram udang yang telah dikupas kulit dan buang kepalanya, sisakan ekor, cuci bersih
3 siung bawang putih, cincang
3 buah cabe merah, iris serong
Garam dan gula pasir secukupnya
Sedikit minyak untuk menumis

Caranya:
  • Panaskan sedikit minyak, tumis bawang putih hingga harum, kemudian masukkan brokoli dan irisan cabe, tutup rapat happy call, masak sebentar.
  • Bolak-balik sekali happy call, kemudian masukkan udang, garam dan gula pasir secukupnya, tutup rapat kembali happy call, bolak balik sekali lagi agar bumbu merata, dan lanjutkan memasak hingga brokoli dan udang matang.
  • Waktu memasak brokoli dengan happy call terbilang cukup singkat, sehingga jangan terlalu lama memasaknya agar tekstur brokolinya tidak kelembekan.


hasil gorengannya cantik, kulit ikannya tidak ada yg mengelupas

Ikan Bawal Goreng

Sumber: Dapur Alba15

Bahan:
2 ekor ikan bawal
2 siung bawang putih, parut
Air jeruk nipis secukupnya
Garam secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Caranya:
  • Bersihkan ikan, lumuri seluruh permukaan ikan dengan bawang putih, air jeruk nipis dan garam. Diamkan minimal selama 30 menit.
  • Panaskan minyak di dalam happy call, banyaknya minyak tergantung selera, jika ingin ikan lebih kering, jumlah minyaknya lebih banyak, tapi jangan sampai kepenuhan ya.
  • Gunakan sendok kayu untuk menaruh ikan ke dalam happy call, tutup (tapi tidak rapat, tidak sampai terdengar bunyi klik) dan goreng ikan hingga matang pada permukaan bawahnya.
  • Jika ingin membalik ikannya, tutup rapat happy call hingga terdengar bunyi klik, kemudian balik happy call, goreng lagi ikan hingga matang pada sisi lainnya.
  • Pada saat menggoreng posisi tutup tidak tertutup rapat, tertutup rapat hanya pada saat saya ingin membalikkan ikan saja.
Memasak menggunakan happy call terbilang cukup praktis dan cepat, kekurangannya cuman terletak pada berat happy call, yang ternyata cukup berat, jadi nyucinya juga sedikit lebih repot, yah cuman sedikiiit lebih repot saja, selebihnya enak kok memasak pakai happy call.

No comments: