Thursday 22 August 2013

Mujair Bakar Berbumbu Nikmat


Resep ini sama seperti yang sudah saya posting sebelumnya di sini, namun kali ini saya menggunakan ikan, saya emang sedang tergila-gila menggunakan bumbu bakar ini, rasanya sudah enak dan pas. Untuk ayam ataupun ikan semuanya cocok. Hanya kalau menggunakan ikan, ikannya tidak perlu diungkep dulu, hanya dioles saja sewaktu memanggang.

Awalnya pengen manggang menggunakan alat panggang yang sama dengan saya memanggang ayam, namun ternyata tetap tidak semudah bayangan, dan saya menyerah, akhirnya menggunakan happy call lagi.

Pertama-tama bakar menggunakan api sedang saja, sampai daging ikan sedikit mengering, baru diolesi bumbu. Saran saya, ketika memanggangnya jangan terlalu sering dibolak balik, karena akan membuat ikan hancur.

Berikut resepnya:

Mujair Bakar Berbumbu Nikmat

Sumber: Dapur Alba15

Bahan:
3 ekor ikan mujair, lumuri dengan jeruk nipis, diamkan sebentar, cuci bersih, lumuri garam
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
65ml santan kental

Bumbu halus:
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 cm kunyit
1 cm jahe
1 buah lengkuas, kira-kira sebesar jempol
1 batang sereh ambil putihnya, iris halus
2 buah kemiri
1/2 sendok teh cabe halus
Garam secukupnya


bumbu oles yang digunakan

Bahan olesan (akhir):
1 sendok makan margarin
1 sendok makan kecap manis

Cara:
  • Haluskan semua bahan bumbu halus, tuang ke wajan/panci kecil, tambahkan daun jeruk, daun salam, dan santan, masak hingga mendidih. Sisihkan dalam mangkok kecil.
  • Untuk bahan olesan akhir, lelehkan margarin, tuang ke mangkok kecil lalu tambahkan kecap manis, aduk rata.
  • Lumuri badan ikan dengan minyak goreng, bakar hingga daging ikan sedikit mengering.
  • Lumuri badan ikan dengan bumbu santan, hingga merata, bakar hingga ikan matang.
  • Sebelum diangkat, olesi dengan bahan olesan akhir, bakar lagi sebentar.
  • Hidangkan dengan sambal dan lalapan.
Untuk resep sambal bisa menggunakan resep di sini.

No comments: