Monday 24 June 2013

Sambal Goreng Pedas Nampol Ala DA15


Yess! Akhirnya bisa juga bikin sambel yang pedasnya nampol dan suami suka so pasti hehehe. Biasanya saya slalu mengandalkan sambalnya warung masakan padang untuk buat masakan yang menggunakan sambal seperti telur balado, ikan goreng sambal, kentang goreng sambal dll. Tp sekarang sudah PD, ga perlu beli lagi, walaupun lebih capek karena hrs nguleg tp hasilnya benar2 sepadan. Good job.. :D

Awalnya saya tidak berani masak menggunakan terasi, karena dari dulu papa tdk suka, katanya jorok, makanya mama ga pernah masak menggunakan terasi, nah sekarang suami doyannya sambal terasi, jd apa bole buat, pakenya sedikit aja, yang penting aroma khasnya sudah tercium.

Suami juga doyannya pedas, sedangkan saya tidak terlalu kuat makan pedas, kl kepedasan bisa sampe menangis, jd meskipun sambel ini jadinya sepiring kecil, tp bisa dimakan sampe berhari-hari saking pedasnya dan hanya suami yg bisa makannya, kl saya cocol sedikit-dikit aja kl uda kena pedasnya langsung stop hehehe...

Sambel ini paling sering saya pasangkan dengan ayam goreng, enak mantap!

Berikut resepnya:

Sambal Goreng Pedas Nampol Ala DA15
Sumber: Dapur Alba15

Bahan:
16 buah cabe rawit merah
7 buah cabe merah
2 buah tomat merah kecil, buang bijinya
2 siung bawang merah, iris-iris
1/2 blok terasi
garam dan gula secukupnya.
2 sendok makan minyak goreng


perbandingan cabe merah dan cabe rawit = 1:2

Cara:
  • Goreng cabe rawit, cabe merah dan tomat, gunakan api kecil, dan jangan lupa untuk ditutup, karena menggoreng cabe ini akan meletup-letup, inilah yag membuat saya trauma membuat sambal. Goreng hingga cabe sedikit layu. Angkat dan tiriskan.
  • Goreng terasi, hingga aroma khas terasi tercium. Angkat dan tiriskan.
  • Uleg semua bahan, kecuali bawang merah. Pertama saya menguleg sampai halus cabe rawit merahnya, sampai biji cabenya tidak terlihat lagi, tambahkan terasi, uleg sampai halus, sedangkan untuk cabe merah dan tomat, saya uleg kasar saja. tambahkan garam dan gula.
  • Panaskan minyak sisa menggoreng tadi, tumis bawang merah higga harum dan berubah warna sedikit kecoklatan, masukan semua bahan yang sudah kita uleg tadi, kecilkan api, masak sebentar saja, karena pada dasarnya sambal yang telah kita uleg juga sudah digoreng. Angkat dan sajikan dengan ayam goreng atau masakan lainnya yang membutuhkan cita rasa super pedasssss.

No comments: