Thursday 25 July 2013

Ayam Bakar Berbumbu Nikmat


Terobsesi pengen buat ayam/ikan bakar sendiri yang super nyummie membuat saya harus membeli alat panggang lagi, padahal saya sudah punya happy call, tp hasil panggangnya kurang memuaskan (kurang kering dan keset). Alat panggang yang saya beli kali ini bentuknya seperti panci lebar yang di taruh di atas kompor dan ada alat pemutar yang mengubah panas api menjadi bara.


alat panggang yang saya punya persis seperti ini, sumber: http://panggangansate.blogspot.com/[

Beberapa hari yang lalu, saya sudah menggunakan alat panggang ini untuk membakar ikan, namun hasilnya benar-benar di luar dugaan. Ikannya hancur berantakan, sangat susah membolak-balik ikan di atas panggangan ini, lengket sana sini, belum lagi percikan minyak/air yang mengenai api kompor, buat saya kalang kabut, buru-buru menelpon mama, ehh mama ga angkat telpnya, akhirnya saya nyerah, dan terpaksa mengeluarkan happy call lagi *nyaris ikan itu saya buang karena begitu frustasinya

Karena sisa bumbu ikannya masih banyak, hari ini saya memutuskan untuk membuat ayam bakar. Dan untuk mempermudah membolak-balik ayamnya, saya membeli alat tambahan lagi, seperti ini:

 punya saya lebih lebar dari foto ini, sumber: http://hangerbajumurah.blogspot.com

Well, pekerjaan jadi tambah mudah bukan, coba kemarin sekalian beli kan bisa digunakan buat bakar ikan huh. Sekarang acara bakar-bakarannya sudah tidak plus panik tapi malah plus ketawa, karena saya membayangkan diri seperti Ahli Nujum hahaha itu dikarenakan percikan minyak/air dari ayam membuat api membesar. Sekali-kali apinya menyala di alat putaran, membuat saya terkekeh-kekeh menahan tawa, sampai suami bertanya ada apa, hahaha...

Daripada saya jadi tertawa lagi membayangkan Ahli Nujum, yuk kita intip resepnya...

Ayam Bakar Berbumbu Nikmat

Sumber: Dapur Alba15

Bahan:
4 potong ayam (sepasang paha, potong paha atas dan paha bawah), lumuri dengan jeruk nipis, diamkan sebentar, cuci bersih.
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 buah santan instan kara, 65ml
Air secukupnya

Bumbu halus:
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 cm kunyit
1 cm jahe
1 buah lengkuas, kira-kira sebesar jempol
1 batang sereh ambil putihnya, iris halus
2 buah kemiri
1/2 sendok teh cabe halus
Garam secukupnya

Bahan olesan (akhir):
1 sendok makan margarin
1 sendok makan kecap manis

Cara:
  • Haluskan semua bahan bumbu halus, tuang ke wajan, tambahkan daun jeruk, daun salam, santan dan air (jumlah air kira-kira aja, sampai seluruh ayam terendam), masak hingga mendidih, masukkan ayam, masak hingga ayam matang dan air menyusut.
  • Biarkan ayam terendam bumbu sampai dingin.
  • Untuk bahan olesan akhir, lelehkan margarin, tambahkan kecap manis.
  • Bakar ayam, hingga bumbu di permukaan ayam kering dan berwarna kecoklatan atau sesuai selera.
  • Sebelum diangkat, olesi dengan bahan olesan, bakar lagi sebentar.
  • Hidangkan dengan sambal dan lalapan.
Rasa ayam bakar ini sudah cocok di lidah, sangat enak, apalagi dicocol dengan sambel dan kecap manis, hmmm so nyummie... Sayang saya tidak menggunakan kamera digital untuk mengambil fotonya, jadi kualitas fotonya kurang bagus, tp tentu tidak mengurangi rasanya kan?! Hehehe. Silahkan dicoba semoga cocok juga di lidahnya.

No comments: