Saturday 21 September 2013

Botok Ikan Asin Jambal


Resep aslinya sebenarnya menggunakan ikan asin peda, tapi saya ganti dengan ikan asin jambal, rasanya tetap makyus.

Saya emang penyuka masakan yang dibungkus daun pisang seperti ini. Aroma daun emang selalu menambah selera makan. Tapi hal ini tidak berlaku untuk suami, hiks hiks, lagi-lagi tantangan buat saya. Walaupun bukan menjadi favorit suami dan dia memakannya tanpa komentar, hahaha, resep ini akan tetap saya simpan, kapan-kapan pasti saya cobain lagi karena sudah cocok di lidah



ternyata ngebungkusnya tidak terlalu susah, hehehe...

Botok Ikan Asin Jambal

Sumber: Mulyawati Nuriqmar (Langsung Enak)
Modifikasi: Dapur Alba15

Bahan:
50 gram ikan asin jambal
1 ikat daun singkong, rebus matang, peras airnya
2 buah tomat hijau kecil, potong kecil-kecil
4 lembar daun jeruk, iris halus
3 batang serai, memarkan
3 lembar daun salam
6 buah cabai rawit hijau
1/2 butir kelapa setengah tua, kupas, parut memanjang

Bumbu haluskan:
1 sendok teh cabe halus/giling
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 sdt garam
1 sdm gula merah sisir

Pelengkap:
6 lembar daun pisang untuk membungkus
Batang pelepah secukupnya untuk mengikat

Cara memasak :
  1. Cuci bersih ikan peda, buang kepala dan ambil dagingnya.
  2. Campur bumbu yang dihaluskan dengan kelapa parut, aduk rata. Tambahkan irisan tomat dan irisan daun jeruk, aduk rata.
  3. Ambil dua lembar daun pisang, tata daun singkong, taruh bumbu kelapa dan daging peda. Beri daun salam, serai, dan cabai rawit hijau, bungkus, lalu kukus selama 30 menit hingga matang. Angkat.

No comments: