Friday 20 September 2013

Donat Dengan Metode Tangzhong


Donat ini empukkk banget, pasti ketagihan deh makannya, dijamin! :D

Sebelumnya saya sudah nyoba bikin dengan resep asli berkali-kali, entah kenapa hasilnya selalu menyusut setelah digoreng dan dingin, jadi donatnya keriput dan jelek (malah ada teman yang mengira saya buat cakwe, huahuhuhu, sedihnya), padahal teman-teman grup yang lain nyobanya biasa aja, sukses, mengembang dan montok.

Setelah berbagai percobaan dan membandingkan resep roti dari Mama, akhirnya saya kurangi sedikit penggunaan airnya + jumlah tepungnya saya tambah sedikit, hasilnya donatnya tidak menyusut lagi dan membentuknya tidak terlalu sulit, leganya... *walaupun saya belum begitu rapi membentuknya, hehehe...

Donatnya saya bikin kecil-kecil dan sebagian adonan saya buat roti goreng isi selai coklat, astaganaga, roti gorengnya benar-benar enak, isian coklatnya meleleh, benar-benar puassss deh...

Sssttt, tapi ada 1 roti yang oversize, hahaha itu karena saya tidak hati-hati waktu mengisinya, akhirnya selai coklat meleber kemana-mana sehingga adonan sulit ditutup, jadi ambil adonan lainnya buat menutupi :">

Berikut resepnya:


donat yang telah selesai digoreng 

Donat Dengan Metode Tangzhong

Sumber: Juni Puspita Fisalia (Dapur Sehat Ibu)
Modifikasi: Dapur Alba15

Bahan Tangzhong:
1 sendok makan tepung protein tinggi
75 ml air
Cara: Kedua bahan tersebut dimasak di atas api kecil sampai muncul buih-buih kecil dipinggir panci (jangan sampai mendidih), matikan api, aduk-aduk menjadi bubur cair.


adonan tangzhong, semoga fotonya cukup jelas

Bahan Donat:
300 gr tepung cakra
1 /2 sendok makan ragi instan
100 ml air matang
3 sendok makan gula pasir
2 sendok makan susu bubuk
1 butir kuning telur
2 sendok makan mentega putih dilelehkan, beri 1/2 sdt garam
Vanili bubuk (jika suka)
Minyak untuk menggoreng
Gula donat atau topping sesuai selera

Cara:
  • Campurkan tepung, ragi, gula, susu, telur dan adonan tangzhong.
  • Beri air sedikit demi sedikit, uleni sampai adonan kalis (jika sudah kalis maka hentikan pemberian air).
  • Masukkan mentega leleh, kemudian uleni lagi (adonan akan terasa lebih lembek) sampai kalis.
  • Biarkan adonan mengembang kurang lebih 30 menit, tutup dengan serbet bersih/plastik.
  • Bentuk adonan menjadi bentuk donat, biarkan lagi kurang lebih 30 menit.
  • Goreng sampai matang, gunakan minyak yang banyak dan api kecil.
  • Setelah dingin, taburi dengan gula donat atau beri topping sesuai selera dan sajikan.


hihihi... roti goreng yang oversize

Note:
Beri baskom/wadah donat dengan minyak sayur tipis-tipis saja (biasa saya gunakan tangan untuk meratakan minyak di wadah, kemudian sisanya saya lap dengan tisu), tangan yang berminyak juga memudahkan membentuk donat.
Untuk mempermudah menaburi gula donat, masukkan gula donat dan donat ke dalam plastik, kocok-kocok sampai rata.


aduhhh ngecess nih liat coklat yang meleleh, hahaha

No comments: