Thursday 19 September 2013

Lumpia Goreng Isi Bengkuang


Punya stok bengkuang di rumah? Kenapa tidak dibuat isian lumpia, buatnya mudah, bumbu yang digunakanpun tidak banyak, tapi rasanya maksimal hehehe... Bengkuang adalah favorit saya, entah sudah berapa banyak yang masuk ke mulut saya selama proses memotong bengkuang ini, hihihi.

Untuk kloter pertama, saya hanya membuat lumpia sebanyak 10 buah, pengennya sih semua lumpia sudah terbungkus rapi, nanti tinggal digoreng kalau ingin dimakan, tapi saya kuatir isian bengkuang akan berair, nantinya malah sobek-sobek karena terlalu lama simpan di kulkas, jadinya isian dan kulit lumpia saya simpan di kulkas dalam keadaan terpisah.

Sebagai pelengkap lumpia goreng ini, saya membuat kuah cabe yang rasanya asem-asem pedas. Atau jika tidak mau repot, bisa gunakan sambal botolan atau cabe rawit, tergantung selera saja. Pokoknya enak deh...

Lumpia Goreng Isi Bengkuang

Sumber: Nina Yusab Si Mlandhing (Langsung Enak)

Bahan:
500 gram bengkuang, iris korek api
100 gram udang, kupas, cincang
1 sendok makan ebi, rendam air, tiriskan, cincang
5 siung bawang putih, kupas cincang (saya hanya menggunakan 3 siung)
1/2 sdt garam
15-20 lbr kulit lumpia siap pakai
Larutan tepung terigu sebagai perekat
Minyak goreng

Cara membuatnya:


bengkuang yang dipotong berbentuk korek api
  • Tumis bawang putih hingga harum, masukkan udang dan ebi, aduk hingga rata.
  • Masukkan bengkuang dan garam. Aduk rata. Matikan api. Biarkan dingin.

    Note:
    Tumisan bengkuang ini biasanya mengeluarkan air lagi, jadi biarkanlah dulu beberapa saat agar airnya keluar, kemudian tiriskan.

  • Ambil selembar kulit lumpia, beri isian bengkuang, lipat, rekatkan dengan larutan tepung, rapikan. Lakukan hingga semua bengkuang terbungkus kulit lumpia.

lumpia yang telah selesai dibungkus, siap digoreng
  • Goreng lumpia dalam minyak panas hingga kuning kecokelatan. Sajikan hangat.
Kuah cabe:
2 buah cabe merah kering atau segar (kebetulan cabe merah segar lagi tidak ada stok di rumah) potong-potong, taruh dimangkok tahan panas, tambah 1 siung kecil bawang putih cincang, tambahkan gula dan garam, siram dengan air panas, terakhir beri perasan jeruk nipis, cicipi. Sajikan.

No comments: