Monday 30 September 2013

Kue Sus Isi Vla Coklat


Beberapa hari ini suami tidak sehat, membuat saya bingung mau bikin cemilan apa, soalnya dia banyak ga sukanya, ditambah lagi sakit begini, membuat dia ga nafsu makan, makannya sedikit, kasian liatnya :(

Setelah dipikir-pikir, kenapa ga buat kue sus aja dengan isian vla coklat (suami doyan banget sama coklat). Seingat saya, sebelum punya oven, saya sempat buat kue sus ini, 2x, keduanya gagal, penampilannya jelek banget, soalnya susnya kempes dengan sukses, hahaha, mungkin tidak cocok dipanggang dengan happy call (ingin menghibur diri sendiri, hihihi) atau saya yang tidak bisa memanggangnya. Meskipun penampilan jelek, suami tetap doyan dan berkomentar "Kuenya enak", sesuatu banget kan, hahaha... Maklum kata enak ini jarang banget keluar dari mulut suami.

Nah, setelah punya oven, kue sus ini sebenarnya sudah pengen segera dieksekusi, penasaran abis soalnya. Apalagi ini juga kue favorit saya semenjak saya kecil. Duluuu banget, waktu saya masih SMP, saya pernah bikin kue ini, sukses, kuenya mengembang bagus, TE TA PI, ups jadi malu nih ngomongnya, jadinya kue sus NEGRO hahaha, jadi hitam legam, bukan karena kegosongan loh, itu karena saya belum bisa menggunakan oven tangkring + kompor minyak tanah, maklum perdana *entah waktu itu mama ke mana. Jadi ceritanya, setelah saya nyalakan api kompor, langsung saya taruh oven di atasnya, padahal api belum jadi (belum berwarna biru), makanya asapnya pada masuk ke oven, hahaha...

Membuat kue sus ini gampang-gampang susah, gampang karena tidak memerlukan mixer, cukup diaduk dengan sendok kayu, susahnya pas manggang, kita harus sabar menunggu hingga kulit sus kokoh sehingga tidak kempes ketika dingin. Pada panggangan pertama dan kedua, sus saya tetap kempes, hiks sempat frustasi juga, padahal warna sus-nya sudah cakep, sudah kecoklatan dan terlihat kokoh. Akhirnya saya menambah waktu memanggangnya. Barulah pada pada panggangan ketiga susnya kokoh dan hanya kempes sedikit. Dan, pada panggangan keempat, sempurna! YES!

Kulit sus ini bisa disimpan di kulkas, taruh di wadah tertutup, bahkan saya lebih menyukai disantap dingin-dingin dengan vla coklatnya yang tentu saya simpan di kulkas juga... So, nyummie~

Yuk, dicoba resepnya :D


hasil panggangan keempat, kulit sudah kokoh

Kue Sus isi Vla Coklat

Kulit Sus
Sumber: Ambar Mardayat (Langsung Enak)

Bahan kulit:
150 gram tepung terigu
150 gram margarine atau butter
250 ml air
1/4 sendok teh garam
4 butir telur

Cara:
  • Rebus air, margarine, garam sampai mendidih, kecilkan api.
  • Masukan tepung terigu, aduk cepat sampai kalis/adonan tidak meringkil, matikan api, dinginkan.
  • Masukan telur satu persatu, aduk hingga rata.
  • Masukan adonan ke dalam plastik segitiga, gunakan spuit bintang (saya tidak pake spuit, hanya plastik segitiga yang saya gunting ujungnya), semprotkan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarine.
  • Panggang dalam oven dengan suhu 200'C atau 350'F, kira-kira 25 menit sampai matang, jangan buka oven selama memanggang. Note: Saya menggunakan api atas dan bawah, loyang saya taruh di tengah.

adonan yang siap dicetak

Vla Coklat
Sumber: Dapur Alba15

Bahan vla:
200 ml susu cair
4 sendok makan gula pasir (boleh ditambah tergantung selera)
3 sendok makan tepung terigu
1 kuning telur
1 sendok makan margarin
1 sendok makan coklat bubuk
1 sachet susu kental manis (42 gram)

Note: Jika suka isi yang banyak, resep di atas dibuat 2x.

Cara:
Campur air, gula dan tepung, masak dengan api sedang sampai mengental, matikan api. Masukan kuning telur aduk rata, masak kembali sampai meletup-letup dengan api kecil, tambahkan margarin, aduk rata, dinginkan. Isi kue sus dengan vla coklat.


walaupun diisi sedikit, hasilnya tetap mengembang besar *note: beri adonan lebih banyak sedikit dari foto ini

1 comment:

Yunita said...

Sungguh beruntung suami ibu itu punya istri yang sangat 'care' dibuatin kue yang sangat lezat. Terimakasih atas resepnya bu, mau coba sendiri dulu