Wednesday 18 September 2013

Sambal Matah


Sungguh tidak menyangka kalau sambal ini benar-benar enak, padahal saya tipe orang yang tidak begitu doyan sambal pedas, tapi sambal ini benar-benar saya rekomendasikan deh.

Sambal Matah, sambal yang baru kali ini saya kenal. Perkenalan saya dengan sambal ini ketika saya membaca postingan di grup Langsung Enak, awalnya tidak tertarik, eh setelah resepnya dibaca, wah boleh juga nih dicoba kapan-kapan, apalagi suami doyan pedas. Sambal Matah ini adalah sambal khas Bali, hihihi gak apa-apa toh saya coba bikin sendiri walaupun belum pernah menyicipnya langsung di sana.

Resepnya telah saya modifikasi sendiri, semoga masih bisa disebut sambal Matah, hehehe...

gunakan plastik ketika meremas-remas sambal

Sambal Matah

Sumber: Dapur Alba15

Bahan:
5 siung bawang merah
16 buah cabe rawit (campur antara merah dan hijau)
3 batang serai ambil putihnya
1 sendok makan air jeruk nipis
2 sendok makan minyak goreng
Garam secukupnya

Cara:
  • Iris tipis serai, tumis serai sebentar dengan minyak goreng, matikan api, tunggu dingin.
  • Iris tipis bawang merah dan cabe, taruh wadah, tambahkan garam, tambahkan minyak serai (bisa dicampur sedikit dengan serainya, tergantung selera).
  • Remas hingga semua bahan tercampur (gunakan plastik agar tangan tidak pedas).
  • Terakhir tuang air perasan jeruk jeruk nipis, aduk rata.
  • Sambel siap disantap.
Rasanya mantap. Ada rasa kecut dari jeruk nipis, asin dan pedas membuat lidah ini ketagihan. Silahkan dicoba ;)

No comments: