Wednesday 18 September 2013

Ayam Goreng dengan Sambal Matah


Biasanya saya selalu menggunakan 1 ekor ayam jika ingin membuat ayam goreng kuning ini (setelah diungkep dan ayam matang, saya simpan difreezer, berikut tempenya juga, lumayan untuk stok makanan kalau malas masak), tapi kali ini saya buatnya 1/2 ekor aja karena stok makanan lainnya masih banyak di kulkas dan sekarang saya buat tanpa kremesan.

Untuk melihat resep lengkapnya plus kremesan, bisa klik di sini.

Ayam Goreng Kuning

Sumber: Dapur Alba15

Bahan:
1/2 ekor ayam negeri, potong sesuai selera, cuci bersih, lumuri air jeruk nipis, diamkan sebentar, cuci bersih kembali.
4 siung bawang putih
Sejempol lengkuas
1 cm jahe
1 cm kunyit
1 sendok teh ketumbar
1 batang serai, ambil putihnya, potong/geprek
3 lembar salam
1 buah kemiri
Garam secukupnya
Air secukupnya

Cara:
  • Haluskan bawang putih, lengkuas, jahe, kunyit, ketumbar dan kemiri.
  • Taruh bumbu ke dalam panci/wajan, masukkan ayam, serai, daun salam dan garam.
  • Tuang air hingga seluruh permukaan ayam tertutupi. 
  • Rebus hingga ayam matang. Tiriskan.
  • Goreng ayam ke dalam minyak panas sampai kuning kecoklatan. Angkat.
  • Sajikan dengan sambal dan lalapan.
biarkan beberapa saat agar bumbu meresap
Note:
Saya menggunakan ayam tanpa kulit, jika ingin menggunakan dengan kulit, silahkan, sesuai selera saja.
Jika ingin membuat tempe gorengnya, setelah ayam diangkat, gunakan air bumbunya, masukkan potongan tempe, masak sebentar biarkan bumbu meresap pada tempe. Goreng tempe sampai kecoklatan dengan minyak panas dan api sedang.

Untuk Sambal Matahnya saya posting terpisah, bisa klik di sini.

No comments: