Thursday 17 October 2013

Kerupuk KASI (Kangkung dan Nasi) :D


Jika di TV ada stik DASI, nah di sini sekarang ada kerupuk KASI (kangkung dan nasi), hihihi...

Punya sisa nasi tapi cuman sedikit di kulkas, rencananya mau dihangatkan, eh kelupaan, jadinya nasi kering, udah malas deh untuk dihangatkan. Mendadak pikiran iseng datang, mengapa nasinya tidak dibuat kerupuk aja, kan buat kerupuk wortel udah berhasil.

Akhirnya ke pasar, beli kangkung seikat. Setelah dipetik, kok jadinya banyak ya, padahal jumlah nasinya cuman sedikit, ah biarin deh, soalnya kalau sisanya ditumis juga tanggung bikin repot aja, hihihi. Jadinya warna kerupuknya ireng alias hitam banget, hahaha udah kepikir nih, pasti tidak jadi, tapi tetap nekad lanjut terus, tanggung udah separuh jalan.


daun dan batang kangkung yang telah selesai dipetik

Ternyata kerupuknya tetap mekar cantik, malah setelah digoreng warna hijaunya masih cukup terlihat, tetapi... rasa kangkungnya cukup kentara. Jadi ini kerupuk rasa daun, cukup susah menjelaskan rasanya, yang pasti kerupuk ini punya karakter rasa sendiri.


warnanya sedikit menyeramkan hihihi... yang paling kanan adonan masih terlalu lembut jadi saya menambahkan 1 sendok makan tepung tapioka

Untuk teman-teman yang masih punya anak kecil, sebaiknya jumlah kangkungnya dikurangi aja ya, takut rasa daun ini membuat mereka tidak doyan.


hasilnya mekar bangetttt

Kerupuk KASI

Sumber: Dapur Alba15

Bahan:
1/2 gelas nasi, jika nasi telah kering, rendam nasi hingga lembut kembali, tiriskan
150 ml air
1 ikat kangkung
350 gram tepung tapioka
2 siung bawang putih
1 sendok makan garam

Cara membuatnya:
  • Blender nasi, kangkung, bawang putih, garam dan air hingga halus.
  • Tuang ke panci, masak hingga adonan mendidih/meletup-letup.
  • Tuang ke baskom tahan panas, selagi panas tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit, aduk hingga tercampur rata, uleni menggunakan tangan jika sudah cukup dingin.
  • Hentikan menambah tepung tapioka jika adonan sudah cukup kalis dan bisa dibentuk (tambahkan sedikit tepung tapioka jika adonan masih susah dibentuk). Yang penting adonan sudah bisa dibentuk, karena adonan yang keras membuat kerupuk susah mekar ketika digoreng.
  • Masak air hingga mendidih, tambahkan minyak dan garam sedikit, rebus adonan yang sudah dibentuk hingga matang, tandanya adonan akan mengapung, biarkan beberapa saat agar matang sempurna, angkat dan tiriskan.
  • Biarkan adonan semalam di dalam kulkas supaya adonan mengeras dan lebih mudah diiris tipis-tipis, jika adonan masih susah diiris, biarkan 1 malam lagi. Untuk mengiris, saya menggunakan pengiris keripik.
  • Jemur irisan adonan hingga kering.
  • Kerupuk siap digoreng.

    kerupuk siap digoreng... yang kanan potongannya lebih tebal tapi sama-sama bisa mekar cantik
Cara menggoreng:
Panaskan minyak (panasnya harus cukup, kalau kurang panas kerupuknya nanti ngambek), masukkan kerupuk, goreng hingga kerupuk mekar, tapi jangan langsung diangkat, aduk-aduk dulu beberapa saat biar lebih renyah dan tahan lama baru angkat dan tiriskan di atas tisu dapur/sendok.

2 comments:

nugroho said...

keren nich...boleh to minta resepnya...kayaknya bisa jadi dagangan kie..hihihi..

Hannie said...

Silahkan mas, moga resepnya bermanfaat, jangan lupa mencantumkan sumber resep ya :)... Saya kira anak2 ga doyan krupuk ini karena rasa kangkungnya cukup kentara, eh ternyata saya salah, ponakan malah doyan, hihihi...