Friday 4 October 2013

Soto Lamongan


Tiap pengen makan soto, selalu deh larinya ke Soto Lamongan. Sampai sekarang belum bosan menyantapnya, mungkin dikarenakan bumbunya yang minimalis, jadi rasanya lebih ringan, tidak terlalu medok.

Keadaan suami hari ini sudah lumayan membaik, nafsu makan sudah mulai kembali, makanya saya buat soto ini, yang kebetulan soto bening adalah favorit dia. Berharap dia bisa makan yang banyak hari ini hehehe...

Sebagai pelengkap, saya buat perkedel juga, resep perkedel bisa klik di sini. Untuk sambal sotonya, kebetulan di kulkas ada sambal soto kudus, masih ada sisa dari sodara yang kebetulan makan di rumah. Saya sebenarnya belum pernah membuat sambal soto, nanti bisa saya googling dulu dan lain kali akan saya buat sendiri.

Resep soto ini saya ambil dari blog mba Diah, bahan-bahan yang digunakan sama persis, paling saya ubah cara memasaknya. Dan kadang saya menggunakan ayam negeri, jadi sebelum saya buat kaldunya, saya rebus ayam negeri terlebih dahulu dari air biasa secukupnya sampai mendidih, tunggu beberapa saat, kemudian matikan apinya, airnya dibuang dan diganti dengan air yang baru. Setelah itu, baru direbus lamaan untuk mendapatkan kaldu ayam. Saya kurang suka dengan aroma ayam negeri, menurut saya bau dan cukup menggangu, ditambah lagi lemaknya juga banyak, jadi dengan cara ini akan membuat aroma tidak enak dari ayam tersebut hilang dan lemakpun berkurang.

Soto Lamongan

Sumber: Diah Didi

Bahan:
1/2 ekor ayam kampung/negeri
1.250 ml air
2 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
4 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
1 sendok makan garam
1 sendok teh gula pasir
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 cm jahe
1 cm kunyit, dibakar
2 butir kemiri, disangrai
(versi saya kunyit dan kemiri langsung saya haluskan, karena tidak mau repot, hihihikadang bumbu-bumbu ini saya blender atau saya parut saja)

Pelengkap:
25 gram soun, diseduh, ditiriskan
2 tangkai seledri, diiris halus
1 buah tomat, dipotong-potong
2 butir telur rebus
2 sendok makan bawang merah goreng
50 gram taoge
50 gram kol, diiris tipis

Cara Pengolahan :
  1. Buat kaldu ayam dengan cara merebus air dan ayam kampung/negeri sampai mendidih dan kecilkan apinya, rebus dalam waktu yang cukup lama, agar kaldu ayam keluar.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, serai, dan daun jeruk sampai harum. Tuang ke rebusan ayam. Tambahkan garam dan gula pasir. Masak sampai matang.
  3. Angkat ayam. Goreng ayam sampai kecokelatan. Suwir-suwir. Sisihkan. (versi saya, ayamnya hanya saya suwir-suwir dan dicemplung kembali, tidak digoreng).
  4. Sajikan kuah soto dengan ayam suwir, pelengkap, dan sambal.

No comments: