Thursday 3 October 2013

Perkedel Kentang


Perkedel ini saya buat untuk pelengkap Soto Lamongan yang akan saya buat besok, saya buat hari ini biar besok tidak terlalu repot lagi, kentang yang sudah digoreng cukup tahan disimpan di kulkas dalam wadah tertutup.

Sebenarnya yang pengen makan perkedel ini cuman saya seorang, suami anti banget sama perkedel, padahal kalau kentang rebus cukup dicocol dengan sedikit garam, malah dia doyan banget, aneh tapi nyata bukan?! Itulah uniknya suami tercinta ini, hahaha...

Karena yang makan cuman saya seorang, yah dibikin yang gampang aja, daging cincangnya saya pake kornet sapi aja, jadi tidak perlu repot mencincang dan menumis daging.

Perkedel Kentang

Sumber: Dapur Alba15

Bahan:
500 gram kentang
50 gram kornet sapi
2 batang seledri
1 sendok makan bawang goreng
garam dan lada secukupnya
Telur putih untuk melapisi, dapat juga diganti telur utuh, kocok lepas
Minyak untuk menggoreng

Caranya:
  • Potong-potong kentang, kemudian cuci bersih, tiriskan.
  • Goreng kentang hingga matang, taruh pada wadah yang besar, kemudian haluskan.
    saya menggunakan gelas untuk menghaluskan kentang

  • Tambahkan kornet, seledri, bawang goreng, garam dan lada, aduk rata.
  • Ambil sedikit adonan, bentuk sesuai selera.
  • Panaskan minyak, ambil adonan yang sudah dibentuk, celup ke kocokan telur, hingga seluruh permukaan tertutupi telur, goreng hingga berwarna kuning kecoklatan, gunakan api sedang.

    kebetulan ada stok putih telur

No comments: