Wednesday 27 November 2013

Martabak Manis Tanpa Ragi


Siapa bilang kalau makan martabak manis mesti nunggu sore tiba, buktinya pagi ini saya sarapan martabak manis, ditemani teh manis hangat dan sejuknya udara pagi. Mantap! Hahaha.

Resep martabak manis tanpa ragi ini sudah 2x saya uji coba. Percobaan yang kedua baru menunjukkan hasil yang memuaskan. Dari sini, saya menyimpulkan yang pertama gagal membentuk serat karena cetakan belum terlalu panas, sehingga serat tidak terbentuk, sedangkan yang kedua cetakannya telah benar-benar saya panaskan, barulah terbentuk serat yang cantik. Oiya, ada beberapa teman yang menggunakan Baking Powder Double Acting, katanya lebih berserat cantik, tapi saya belum pernah mencobanya berhubung di rumah tidak punya, hehehe...

Karena di rumah tidak ada cetakan martabak, jadinya saya menggunakan Happy Call, plek langsung tuang semua adonan, sekali panggang, jadinya tebal, makan sepotong aja uda kekeyangan...


cukup puas dengan serat yang terbentuk

Martabak Manis (Tanpa Ragi)

Sumber: Lilies Indrawati
Modifikasi: Dapur Alba15

Bahan:
250 gram tepung terigu
1 butir telur
3 sendok makan gula pasir
350 ml air
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh baking soda/ baking powder double acting
Gula pasir secukupnya, untuk taburan

Isi :
Margarin/butter, selai, susu kental manis, keju dan meses

Cara membuat:


selain menggunakan cetakan martabak/ happy call, bisa juga menggunakan teflon, gunakan api kecil, sebaiknya bawah teflon dialasi agar martabak tidak cepat gosong

  • Campur semua bahan kecuali baking soda. Aduk rata menggunakan whisk atau mikser dengan kecepatan rendah selama kurang lebih 5 menit.
  • Kemudian saring adonan agar tidak ada gumpalan adonan.
  • Diamkan selama 1 jam dalam suhu ruangan (tutup dengan kain).
  • Siapkan loyang martabak atau wajan anti lengket (saya menggunakan happy call). Panaskan wajan sampai merata panasnya. Sementara itu, masukkan baking soda ke dalam adonan martabak manis. Aduk rata lalu tuang ke dalam cetakan dan tekan tengahnya dengan sendok sayur biar membentuk pinggiran, biarkan terbentuk pori-pori/gelembung-gelembung udara di permukaan adonan.
  • Ketika hampir matang taburi sedikit gula pasir, tutup, biarkan sampai permukaan martabak kering. Angkat. Oles margarin dan taburi dengan bahan isi. (tutup happy call tidak saya tutup rapat, karena waktu itu pernah saya tutup rapat/ terdengar bunyi klik, eh malah keluar embun air).
beri topping sesuai selera

Ternyata untuk menghasil foto yang bagus itu susah ya, apalagi terbatasnya peralatan yang ada, hehehe, salut deh buat teman-teman yang fotonya cantik bikin ngecesss.

11 comments:

Tsurayya Abdullah said...

Ngecesss deh...., saya ini trauma bikin terang bulan/martabak manis. Krn beberapa kali percobaan, selalu gagal. Ga ada serat, gak mekar, hehehe. Yang ini saya tertarik utk mencoba tanpa trauma :D

Hannie said...

Iya, semoga nanti hasilnya memuaskan, yg penting cetakannya jgn lupa dipanasi sampai benar2 panas, nanti pas tuang adonan bunyinya cess, tp api kecil aja biar ga cpt gosong. Rasa martabak ini rada kenyal dikiit, ga seperti martabak bolu. Gud Luck Mba :)

Akara said...

Barusan coba resep nya tapi gagal.. tidak ada gelembung2 dan tidak berserat. Baking soda dimasukan stlah atau sblum ditutup kain?

tody said...

gan itu adonannya bwat sekali pake or gmn?

aziza said...

Mbak 1 resep ini jadi utk berapa loyang happy call ya? terima kasih

isma said...

Mba aku coba barusan tp hasilnya ttp ga ada bolong2 serat nya ya..pdhl pan udh panas bgt..aku pke pan dr hakasima..kira2 apa nya yg slah ya?aku pke soda kue bukan baking soda..trs apa kocokan yg kurang kuat juga berpengaruh?

Hannie said...

klo versi resep di atas, baking soda dimasukan sesaat sebelum dipanggang. pastikan baking soda masih bagus kualitasnya. semoga membantu ya, maaf baru balas komennya, karena selama ini saya tidak aktif ngeblog lagi...

Hannie said...

adonan ini belum pernah saya inap'in, jadi langsung dipanggang semua pada hari yang sama

Hannie said...

sekali panggang aja mba, hihihi, jadinya cukup tebel :)

Hannie said...

maaf ya mba Isma, saya kurang tau juga, karena di rumah selalu siap baking soda dan soda kue, jadi klo di resep menggunakan baking soda, saya nurut aja pake baking soda, klo soal kocokan sepertinya tidak terlalu ngaruh, maaf ya klo kurang membantu. resep martabak ini banyak yang menyarankan menggunakan baking powder double acting karena serat yang dihasilkan lebih bagus. semangat ya mba, jangan menyerah ;)

Gantenk said...

Wuets thank you resepnya
berhasil ternyata whahahahaha