Friday 26 July 2013

Udang Goreng Tempura


Hayoo siapa yang ga bisa bikin udang goreng tempura? Ga perlu malu kok, dulu saya jg ga tahu caranya, entah siapa yang dulu ngajari, karena sudah lama jadinya lupa deh. Kalau sudah tau caranya, pasti deh pada bilang, "Ooo ternyata sangat simpel ya" padahal masakan ini kalau dijual di restoran termasuk mahal juga loh. Nah kalau sudah tahu caranya ga usah beli di luar lagi, tinggal masak sendiri lebih murah dan sehat, ditambah lagi ada bumbu cinta, pasti puasss deh....

Anak-anak juga biasa menyukai makanan ini, salah satunya ponakan saya, kalo liat dia makan dengan lahap rasanya senang banget, apalagi dengar celotehannya yang bilang udangnya enak, hihihi bs melayang ke langit ketujuh nih.

Di sini saya tidak merinci resepnya, hanya lebih menekan cara pembuatan aja, kalau soal takaran, semuanya kira-kira, tergantung selera.

Udang Goreng Tempura

Bahan yang dibutuhkan:

* Udang
  • Pilihlah udang yang masih segar, cara sederhana yang biasa saya lakukan ketika memilih udang di pasar, saya liat warnanya dulu, jangan memilih udang yang warnanya sudah mulai kemerahan/orange gitu, kemudian kita bisa menekan badan udang, pilih yang masih kenyal dan kulit udang masih keras, jangan memilih udang yg dagingnya sudah lembek.

  • Kupas kulit udang, buang kepala tapi sisakan ekornya. Cuci bersih.
* Garam dan merica
  • Yup, hanya 2 bumbu ini yang biasa saya gunakan. Udang segar tidak perlu banyak diberi bumbu sudah enak karena dagingnya masih manis.
* Telur
  • Kocok lepas
* Tepung roti
  • Selama ini saya sudah menggunakan 2 jenis tepung roti. Yang pertama tepung roti yang berwarna putih, dengan merek Mama Suka, tepung ini kualitasnya bagus dan mudah didapat, biasa dijual di minimarket seperti Alfa Mart atau Indomaret. Jenis kedua tepung roti berwarna orange, tepung roti ini saya beli di Toko Bahan Kue (TBK), kualitasnya juga bagus, hanya lebih susah menempel pada udang, meskipun demikian saya lebih menyukai tepung roti jenis ini karena tidak cepat gosong.

    tepung roti yang saya beli di TBK, warnanya campur orange dan putih
* Terigu
  • Jumlahnya sedikit saja, untuk membantu tepung roti lebih menempel sempurna pada udang.
* Minyak goreng


udang yang sudah terselimuti tepung roti, siap digoreng

Cara membuatnya:
  • Taburi garam dan merica pada udang, aduk rata, diamkan 15 menit.
  • Gulingkan udang secara merata dengan urutan terigu, telur dan tepung roti. Jika ingin lebih tebal gulingkan ke tepung roti 2x, urutannya terigu, telur, tepung roti, telur dan tepung roti. Tekan sedikit dengan lembut.
  • Setelah semua udang terselimuti tepung, simpan di kulkas minimal 1 jam sebelum digoreng atau kalau saya, saya goreng secukupnya untuk sekali santap karena udang ini akan lezat jika disantap sesaat setelah digoreng, kerenyahan masih T.O.P banget, kress kress.
  • Sajikan dengan sambal botolan.
So easy... So nyummie~ :D

No comments: