Tuesday 3 December 2013

Potato Bread ala DA15


Sudah lama pengen menambahkan kentang rebus/ kukus pada resep roti mama, padahal stok kentang selalu ada di rumah. Akhirnya tercapai juga hari ini, dan ternyata... hasilnya sangat-sangat memuaskan, rotinya empuk banget. Senang sekali rasanya, bakalan menjadi resep roti andalan nih. Ditambahkan lagi, ternyata ngulennya juga menjadi lebih enteng, membuat saya kegirangan, hehehe... Tanpa kentang, biasanya saya mengulen selama 30 menit agar mendapatkan adonan yang kalis, eh setelah ditambahkan kentang, adonan menjadi lebih mudah kalis, saya hanya mengulen selama 15 menit, asikkk.

Roti ini saya isi coklat masak, keju dan kismis. Kebetulan di kulkas ada coklat masak yang menganggur yang pengen cepat-cepat dihabiskan, sebel deh. Coklat masak ini awalnya pengen dijadiin lapisan snack pastry, eh ternyata gagal, tips yang saya dapatkan dari grup FB tidak membuat coklat mencair seperti yang saya harapkan. Tips tersebut menyarankan untuk menambah susu kental manis pada coklat leleh agar setelah coklat dingin testurnya tidak keras (jadi digigit tidak membentuk patahan), eh setelah ditambahkan susu kental manis, coklat lelehnya malah menggumpal. Daripada menganggur mending dijadiin isian roti aja.


Potato Bread ala DA15

Modifikasi: Dapur Alba15

Bahan:
300 gram tepung terigu protein tinggi
150 gram kentang, rebus, haluskan
50 gram gula pasir
1/2  sendok makan ragi instan
2 sendok makan susu bubuk
1,5 sendok makan margarin
125 ml air
Sedikit garam

Cara membuatnya:


1)Kentang halus, 2)Campur kentang, terigu, ragi, gula pasir dan susu bubuk, 3)Tambahkan kuning telur dan air, 4)Tambahkan margarin
  • Siapkan wadah besar, ayak tepung dan susu, kemudian campur kentang, tepung terigu, ragi, gula pasir dan susu bubuk menjadi satu.
  • Tambahkan kuning telur dan tuang air sedikit demi sedikit, aduk menggunakan sendok, setelah adonan cukup berat, uleni menggunakan tangan sampai adonan setengah kalis.
  • Tambahkan margarin dan garam, uleni kembali hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan. Diamkan selama 20 menit.
5)Adonan yang telah kalis, 6)Peralatan, loyang dan isian, 7)Diamkan menggunakan tutup plastik, 8)Roti yang siap dipanggang


  • Kempeskan kembali adonan, bagi-bagi sesuai ukuran yang dikehendaki (saya bagi menjadi 16 buah), beri isi kemudian bentuk bulat, taruh di loyang yang sudah diolesi margarin (untuk topping, bisa menggunakan olesan susu cair). Diamkan lagi selama 30-60 menit atau sampai adonan mengembang kira-kira menjadi 2x ukuran semula, tutup adonan menggunakan plastik.
  • Panaskan oven 200 derajat celcius, gunakan api atas dan bawah. Panggang adonan selama kurang lebih 15 menit.
  • Setelah matang, selagi panas olesi bagian atas roti dengan margarin agar mengkilap.


bandingkan ukuran awal dan hasil setelah dioven, gendut-gendut, hehehe...

Yuk, teman-teman dicoba resepnya, rotinya enak deh :D

2 comments:

Nath said...

Cakep bgt han gendut2 looks yummyy

admin said...

senang deh elu bisa mampir ke blog gue :D