Wednesday, 4 February 2009

Udang Rebus Ala Keluarga

Hari minggu yg lalu ceritanya dapet oleh-oleh udang dari adiknya doi nich, dia baru pulang dari Samarinda. Pas denger kabar dia bawa udang saja, sudah bikin ngecess ces ces. Soalnya udang dari Samarinda ini, gede-gede banget, dan biasanya saya cukup makan 1 ekor aja untuk makan nasi sepiring (kira2 kebayang ga ya gedenya, hehehee...). Yup, Samarinda ini terkenal dengan Udang Galah. Hmmm mantap!

Sekarang saya akan berbagi resep keluarga doi dan masakan favoritnya sampai sekarang, tidak pernah bosan. Dijamin cara masaknya ga pakai ribet.

Udang Rebus

Bahan:
- Udang Samarinda (udang galah)
- Timun, kupas, kemudian gores-gores bagian luarnya dan iris setipis mungkin segar
- Air untuk merebus
- Garam dan gula pasir secukupnya

Bahan pelengkap:
- Kecap asin
- Cabe rawit, potong kecil-kecil

Cara membuatnya:

  1. Udang dibersihkan dulu (biasa saya terima sudah dalam keadaan bersih, jadi tinggal dibilas air bersih)
  2. Didihkan air, banyaknya air sesuai selera. Kemudian masukan udang, garam dan gula. Cicipi rasanya. Masak hingga udang matang, tidak perlu terlalu lama karena nanti akan membuat daging udang alot.
  3. Matikan api, kemudian masukan irisan timun, aduk rata. Sajikan dengan potongan cabe rawit + kecap asin.
Foto udang rebusnya:
Kuahnya seperti kari ya, itu karena telor dari udang keluar, wah pokoknya enak banget deh. Klo ada temen2 yang ke Samarinda, jgn lupa oleh-olehin saya udang ya. GA BAKALAN NOLAK, huahahaha....

4 comments:

Abiagi Smith said...

abie pesan satu ya..kirim sekarang ok! buat makan siang nih kayaknya enak juga...hehe

Hannie's Blog said...

wah klo ada 10 orang kayak Abie, saya bisa buka resto nich, hehehe

Erik said...

Aku juga mau nih,,,, bawain ya

Hannie's Blog said...

mau ya? sayang udangnya uda abiz, hehehe.. tar dek klo dpt kiriman udang dari samarinda lagi