Sunday 28 July 2013

Sambel Goreng Keripik Tempe


Sambel goreng keripik tempe ini salah satu favorit suami, soalnya rasanya enak pakai banget, dimakan kriuk-kriuk, rasa asin, pedas dan sedikit manis membuat rasanya benar-benar klop, T.O.P dahhh... Biasa kalo dah masak ini, suami suka nyemilin selagi saya menyiapan nasi buat dia, hihihi senangnya.

Masakan simpel ini yang ngajari adalah mama tercinta, dan biasanya saya suka kangen dengan masakan ini, setelah diajari, eh ternyata buatnya gampang aja, nah sekarang kalo kangen masakan mama yang ini tinggal masak aja sendiri, sreng sreng sebentar jadi deh, hehehe...

Biar rasa keripik tempenya enak dan renyah, poin pentingnya terletak pada kualitas tempe dan waktu menggoreng tempenya. Gunakanlah tempe yang bagus, yang masih baru, jangan menggunakan tempe yang sudah lebih dari 2 hari di kulkas. Dan poin selanjutnya yaitu cara menggoreng yang sebenarnya gampang2 susah. Saya bisa memasaknya sendiri setelah melihat mama memasak secara langsung, tapi kali ini saya akan berusaha menjelaskannya secara tertulis.


lagi-lagi bahan yang digunakan minimalis, tapi rasanya pasti bikin ketagihan hehehe 

Hal yang perlu diperhatikan:
1. Gunakan tempe yang kualitasnya bagus dan masih baru (tidak lebih dari 2 hari tersimpan di kulkas).
2. Iris tempe setipis mungkin.
3. Gunakan minyak yang baru/masih bersih.
4. Goreng tempe jangan sekaligus banyak, kecuali menggunakan minyak yang super banyak juga.
5. Gunakan minyak PANAS dengan api sedang. Untuk menggoreng yang kedua dan seterusnya, berilah jeda waktu yang cukup agar minyak kembali panas.
6. Goreng tempe sampai renyah, warnanya menjadi kecoklatan, cicipi kerenyahannya jika perlu.

Jika menggorengnya benar, kerenyahan bisa bertahan sampai 3 hari, bahkan tidak perlu disimpan dalam wadah tertutup. Saya biasanya hanya menaruhnya di piring saji di atas meja bertutupkan tudung saji saja, ajaib masih renyah (memang tidak serenyah hari pertama, tapi penurunannya hanya sedikiiit aja), bahkan sayapun sampai tidak percaya hehehe...

Sambel Goreng Keripik Tempe

Sumber: Dapur Alba15

Bahan:
1 papan tempe (kira-kira 18x6cm)
2 siung bawang merah
1 sendok makan cabe halus/giling (tambahkan jika ingin lebih pedas)
2 tetes cuka masak
Garam dan gula pasir secukupnya
Penyedap seujung kuku

Cara:
  • Iris tempe setipis mungkin.
  • Goreng tempe sampai renyah, angkat dan tiriskan.
  • Panaskan 3-4 sendok makan minyak goreng, tumis bawang merah sampai wangi dan warnanya mulai berubah menjadi coklat muda.
  • Masukkan cabe giling/halus, aduk cepat sampai cabe tidak menggumpal lagi.
  • Kecilkan api, tambahkan garam, gula pasir dan penyedap. Aduk rata. Cicipi supaya rasanya pas, yang perlu diingat adalah banyaknya tempe yang sudah kita goreng, jangan sampai kurang asin ya.
  • Matikan api, tambahkan cuka masak, aduk rata kembali.
  • Masukkan tempe goreng, aduk-aduk sampai rata.
  • Sajikan
Selamat memasak, semoga cocok ya

No comments: