Saturday 16 February 2013

Risoles Panggang

Risoles adalah makanan favorit saya, mau diisi apa aja pasti suka, entah itu diisi ragout sayuran, tumisan kentang dan wortel, sampe yang sekarang sedang ngetop american risoles, semuanya doyan, enak :D

Ini pertama kali saya buat risoles beserta kulitnya yang cukup berhasil, biasa saya lebih sering membuat lumpia goreng karena ada yang jual kulitnya, jadi tinggal buat isian. Alasannya karena saya tidak bisa membuat kulitnnya, selalu robek. Kali ini keinginan makan risoles buatan sendiri tidak terbendung, resep kulit sudah ada di catatan, tinggal dieksekusi. Bahan isian saya buat yang simple aja sesuai bahan yang ada di rumah. Dan terakhir risolesnya saya panggang untuk mengurangi goreng-gorengan. Bagi teman yang ingin versi goreng, yang dibalur tepung roti, dapat liat di sini.

Berhubung di rumah tidak ada susu cair, jadi saya menggunakan susu bubuk (dancow full cream) dan air sebanyak 250 ml. Hasilnya, kulit risoles ada wangi susunya hihihi. Berikut resep Risoles Panggang:

Risoles Panggang

Bahan Kulit:
100 gr terigu
1 butir telur
250 ml susu
1 sdm margarin cair
Garam sedikit


Risoles yang belum dipanggang
Cara Kulit:
  • Campur semua bahan menjadi satu, aduk rata sampai adonan halus dan tidak ada yang menggumpal.
  • Ambil 1 sendok sayur, tuang ke teflon, goyangkan teflon ke kiri dan ke kanan, buat dadar tipis.
  • Lakukan hingga adonan habis.
    (Lupa jadinya berapa buah)


Bahan Isi:
2 buah kentang ukuran sedang, potong kotak kecil
2 buah wortel, potong kotak kecil
2 siung bawang putih, cincang halus
2 batang daun bawang, iris halus
2 butir telur, kocok lepas (kali ini 1 butir aja karena beberapa hari ini konsumsi telurnya cukup banyak)
2 sdm minyak goreng untuk menumis
Gula, garam dan merica secukupnya

Kelebihan isian
Cara Isi:
  • Rebus kentang dan wortel sebentar, jangan sampai terlalu lembek karena nanti akan ditumis lagi. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.
  • Tumis bawang putih hingga harum, masukan kentang dan wortel yang telah direbus, tambahkan telur, aduk-aduk, seperti membuat telur orak arik, masukan daun bawang. Beri garam, gula dan merica secukupnya. Masak sebentar hingga bumbu meresap.
    (Isian berlebih karena saya isi sedikit takut tidak bisa membungkus, dan ada beberapa kulit yang robek karena terlalu tebal membuat kulitnya)

Penyelesaian:
  • Ambil selembar kulit risoles, taruh isian di tengah, lipat amplop, sisihkan.
  • Panaskan teflon, panggang risoles hingga warna kecoklatan di kedua sisinya. Sajikan dengan sambal botolan.

No comments: