Sunday 28 July 2013

Sop Kacang Tanah, Praktis & Sehat


Sop kacang tanah ini adalah sop yang paling sering saya bikin di rumah, malah mengalahkan sop wortel. Untunglah suami juga suka, piuuh, ga makan sendiri deh...

Dari duluuu banget uda pengen bikin sendiri, tapi belum punya panci presto, jadi agak malas untuk mulai memasaknya karena dapat dipastikan membutuhkan waktu memasak yang lama. Jadi saya hanya bisa menemukan menu ini kalau pulang kampung ke rumah mama. Nah setelah punya panci presto, eh jd keseringan bikinnya.

Cara dan bahan yang digunakan sangat-sangat simpel. Mama kalau masak memang jarang menggunakan bumbu yang beraneka ragam, biasanya cukup menggunakan bawang merah atau putih saja. Namun pada sop ini, bahkan bawangpun tidak digunakan (tapi bagi yang suka, silahkan menambahkan bawang putih sesuai selera). Daun jeruk yang saya tambahkan juga sebenarnya hasil kreasi saya sendiri karena saya agak eneg dengan aroma kaldu sapinya. Inilah yang sedikit membuat saya aneh, padahal mama kalau masak tidak menambahkan apa-apa dan saya tidak pernah bermasalah dengan aroma kaldu buatan mama. Mungkin kualitas daging sapi yang dijual di sini berbeda dengan daging sapi yang dijual di kampung saya.

Sop Kacang Tanah
(Menggunakan panci presto merek Maxim)
Sumber: Dapur Alba15

Bahan:
200 gram daging sapi has dalam (sebenarnya menggunakan tulang iga, tapi beberapa kali beli di pasar kualitasnya benar-benar mengecewakan)
150 gram kacang tanah (saya menggunakan kacang tanah kering)
3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
Air
Bawang goreng
Garam dan gula secukupnya
Seujung kuku penyedap

Cara:
  • Cuci bersih daging dan kacang tanah.
  • Masukan daging dan kacang tanah ke dalam panci presto, tambahkan daun jeruk dan tuang air sesuai selera.
  • Tambahkan garam, gula, dan penyedap.
  • Tutup panci dengan sempurna (penting untuk memperhatikan cara penggunaan masing-masing panci presto).
  • Masak hingga terdengar suara mendesis, kecilkan api, masak selama 20 menit setelah terdengar suara mendesis tersebut.
  • Setelah sop matang, taburi bawang goreng.
  • Sajikan hangat.
Kacang tanah bisa juga diganti oleh kacang merah, keduanya sama-sama enak :)

No comments: