Saturday 27 July 2013

Ontbijtkoek Lagi, Enak Sih!


Hari ini saya memberanikan diri bikin kue untuk nanti acara berbuka bersama seRT, padahal deg-deg'an minta ampun, takut kuenya ga jadi. Tapi kata mama semakin takut semakin ga jadi kuenya, akhirnya tarik nafas, berusaha untuk santai dan berkonsentrasi (jadi keingetan waktu bikin bolu kukus ketan hitam di rumah mama, saking deg-degnya dan tidak terbiasa dengan susana dan peralatan baking mama, akhirnya lupa naruh gula, astaganaga, sampai shock berat, tapi masih untung ingetnya sebelum bolunya mateng, akhirnya ditambahin gula halus dan kue terselamatkan meskipun hasilnya tidak selembut biasanya).

Awalnya pengen bikin wedang ronde, simpel sih, cuman kan butuh waktu yang cukup lama buat bulet-buletin adonan, apalagi saya belum terbiasa membuat makanan dalam jumlah banyak. Terpikir minta bantuan suami eh pas ditanya, jawabannya sebenarnya dia ga mau tapi kalo terpaksa ya apa boleh buat, hiks dan dia buat pernyataan lagi klo dia ga suka urusan dapur, glek... Sudah tau sih dari dulu, namanya juga usaha hehehe... Ssstt suamiku tercinta ini, hanya bisa masak indomie aja loh (karena ini makanan favorit dia) hahaha, itu juga dia bisa setelah umurnya 30tahun, yup, sayalah gurunya, hahaha.. Jadi bisa dimaklumi dong :D

Setelah melalui pemikiran yang panjang, mengira-ngira apa yang bisa saya buat yang persentase kegagalannya kecil, maka pilihan jatuh pada ontbitjkoek. Walaupun kuenya sedikit over cook, tapi secara keseluruhan saya puas, permukaan atas bolunya tidak pecah seperti sebelumnya. Saya hanya gunakan api bawah dan setelah keliatan pinggir-pinggirnya mulai kecoklatan saya pindahkan ke api atas. Gulanya juga saya tambahan 1 sendok makan munjung gula halus karena ini untuk berbuka puasa jadi kuenya saya bikin lebih manis sedikit.


ontbijtkoek yang telah diiris dan masuk kotak, siap hantar ke pak RT :D

Karena takut kuenya bantat, saya coba iris setipis mungkin untuk diicip. Horeee, ternyata enak, semoga pada suka kuenya ya... Yang ingin liat resepnya klik di sini.

No comments: