Friday 2 August 2013

Sambel Kentang Buncis


Inget dulu waktu ngekos, sering makan masakan ini, hampir semua warung makan ala warteg ada menu ini. Dilihat dari penampilannya, mungkin cara masaknya berbeda-beda, ada yang warnanya lebih gelap (mungkin menggunakan gula jawa), ada yang warnanya cerah seperti ini yang saya masak kali ini.

Penasaran sama cara memasaknya, akhirnya saya googling ketemu juga sebuah blog yang kalau dibaca bahan-bahannya, sepertinya akan cocok dengan lidah saya (sayang saya lupa mencatat alamat websitenya hiks, digoogling lagi, tetap tetap tidak ketemu, maaf ya), ternyata cara memasaknya mudah dan menggunakan santan kental, pantes aja rasanya gurih. Kentangnya tidak saya goreng dulu ini agar kentangnya menjadi tidak keras (bahkan setelah dingin).

Berikut resepnya:
Sambel Kentang Buncis

Sumber: Gampang dan Enak *akhirnya ketemu juga, thanks ya
Modifikasi: Dapur Alba15

Bahan:
4 kentang uk sedang, kupas, potong dadu kecil
12 buncis, iris kecil
65 ml santan instan
125 ml air
3 lbr daun jeruk
Gula secukupnya
Garam secukupnya


bahan-bahan yang digunakan

Bumbu Halus:
8 bh cabe merah
2 siung bawang putih
4 siung bawang merah

Cara memasak:
  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan daun jeruk sampai wangi.
  • Masukkan kentang dan santan, aduk rata.
  • Masukkan garam dan gula, aduk rata, tambahkan air masak kentang hingga empuk, bisa tambahkan air jika masih kurang empuk.
  • Setelah kentang empuk, tambahkan buncis, aduk rata. Cicipi.
  • Masak hingga kuah menyusut dan habis.
  • Sajikan dengan nasi hangat.

No comments: