Monday 16 September 2013

Tape Goreng


Punya stok tape singkong di kulkas, mungkin sudah 1 minggu lebih. Awalnya saya beli untuk bikin kue mangkok, tapi setelah resepnya dicermati, kok jadi tidak sreg ya. Karena resep yang saya dapati, sudah menggunakan ragi instan dan tape, ditambah lagi baking powder, menjadikan kue ini bukan pilihan tepat, meskipun sudah saya cari resep kue mangkok lainnya, tetap tidak sreg, rata-rata menggunakan baking powder (saya sedang berusaha membuat kue tanpa tambahan bahan-bahan kimia), apalagi saya dan suami tidak begitu doyan kue mangkok, akhirnya saya menyerah.

Setelah kue mangkok berlalu, terlintas bikin donat tape, kirain bisa menggantikan ragi, eh ternyata masih harus menggunakan ragi juga, batal lagi deh.

Daripada nanti tapenya rusak, mending saya bikin yang simpel aja, jadilah tape goreng ini, buatnya mudah, rasanya enak, dan bisa langsung menghabiskan stok tape yang ada, hehehe...

Tape Goreng

Sumber: Dapur Alba15

Bahan:
300 tape buang serat, bentuk sesuai selera
100 ml air
5 sendok makan tepung terigu
1 sendok makan tepung beras
1 sendok makan gula pasir
Garam secukupnya
Minyak untuk menggoreng


tape yang telah saya bentuk

Caranya:
Campurkan tepung terigu, tepung beras, gula dan garam. Tambahkan air sedikit demi sedikit, sambil diaduk-aduk. Adonan yang kita dapatkan tidak terlalu encer, sehingga bisa menempel pada tape cukup tebal. Lumuri tape yang sudah kita bentuk tadi dengan adonan, sampai seluruh permukaan tertutupi. Goreng tape pada minyak panas dengan api sedang hingga berwarna kecoklatan. Sajikan.

No comments: