Tuesday 17 September 2013

Bolu Ketan Hitam Kukus - Versi 2


Si hitam manis ini emang primadona di rumah, saya suka, suami juga suka, jadi meskipun dibuat 1 resep, bisa cepat habis. Hihihi...

Sudah sangat sering saya membuat bolu ketan hitam ini, kadang saya menuangnya di cetakan puding yang kecil-kecil ataupun di loyang kotak. Sodara juga menyukai resep bolu ini dan juga menjadi bolu favorit mereka...

Kali ini saya akan memvariasikan cara mengukusnya, agar ada lapisan coklat di tengahnya (tapi saya salah menggunakan ukuran loyang, jadi lapisan coklatnya tidak tepat di tengah hahaha :D ) Kalau mau liat versi aslinya bisa di klik di sini.


bisa juga menggunakan cetakan puding

Bolu Ketan Hitam

Sumber: Diah Didi

Bahan:
4 butir telur ukuran besar
250 gram tepung ketan hitam
1 sendok teh baking powder
1 sendok teh SP/TBM
150 gram gula pasir
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili bubuk
100 ml minyak goreng
150 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa

Cara membuatnya:
  • Ayak tepung ketan hitam dan baking powder, sisihkan.
  • Kocok telur, gula, SP, vanili dan garam sampai kental mengembang, berwarna putih dan berjejak.
  • Masukkan tepung ketan hitam dan diaduk balik hingga rata.

    masukkan tepung ketan hitam setelah adonan kental berjejak

  • Masukkan minyak goreng dan santan bergantian sambil diaduk balik perlahan hingga rata.
  • Tuang setengah adonan ke loyang kotak 18x18x6 cm atau 20x20x6 cm (saya pakai loyang 16x16x6 cm, masih kelebihan adonan sebanyak 2 cetakan puding), sebelumnya olesi mentega dan taburi tepung pada loyang.
  • Kukus selama 10 menit. Lapisi tutup kukusan dengan kain supaya air tidak menetes.

    loyang yang saya gunakan kekecilan, jadi masih ada sisa adonan yang saya tuang ke cetakan puding

  • Tabur coklat meses, tuang sisa adonan kemudian kukus kembali selama 15 menit.
Note:
  • Ketika menuang adonan kedua, jangan lupa untuk mengaduk kembali adonan secara perlahan-lahan agar endapan minyak tercampur rata kembali.
  • Jika ingin menggunakan cetakan puding yang kecil-kecil, jangan menuang adonan ke cetakan sekaligus, tuanglah sesuai kapasitas kukusan. Dan jangan lupa untuk diaduk kembali sebelum menuangkannya ke cetakan.

No comments: