Wednesday 30 October 2013

Ayam Goreng Mentega


Salah satu menu favorit suami ya, Ayam goreng mentega ini, meskipun versi saya ini cukup sederhana, tidak banyak menggunakan bumbu marinade. Tapi jangan salah, rasanya mantap, enggak berasa deh nasi sepiring akan ludes dalam seketika. Suami yang biasanya anti makan kulit ayam, berbeda dengan ayam goreng mentega ini, semuanya ludes tanpa milih-milih.

Dulu sih pernah bikin ayam goreng mentega yang super ribet, mana sewaktu ayam digoreng, astaga benar-benar bikin frustasi, ayamnya lengket di kuali, minyak jadi super kotor karena bumbu marinadenya, dapur jadi berantakan dan tetap aja hasilnya tidak memuaskan (entah kalau saya yang salah memasaknya). Cerita-cerita sama mama, katanya ngapain masak segitu ribetnya, cukup pakai saus tiram dan kecap manis aja, rasanya sudah enak. Dan benar, setelah saya coba, bikin ketagihan, hehehe...


Meskipun namanya ayam goreng "Mentega", saya malah menggunakan margarin dalam memasaknya, hihihi, mungkin aslinya menggunakan mentega, tapi gak papala yg penting rasanya boo hihihi... Yuk dicoba resepnya, semoga cocok di lidah, yang pasti ga pakai ribet :)


begini deh, kalau kokinya malas menghias masakan, jadinya polos, tapi soal rasa, dijamin enak!

Biasanya, saya menggunakan ayam dengan potongan yang rada kecil dan saya beri sedikit sayatan, tujuannya biar matang sampai ke dalam. Untuk jahe, jika teman-teman suka, bisa dipotong bentuk korek api, berhubung saya dan suami tidak suka memakan jahe, jadinya jahenya saya iris besar-besar, agar mudah disisihkan.


Ayam Goreng Mentega

Sumber: Dapur Alba15

Bahan:
8 potong ayam negeri (dari 1 ekor ayam yang dipotong 14 bagian, 6 potong lainnya saya gunakan untuk masakan lainnya)
2-3 sendok makan margarin
1 buah bombay, iris-iris
1 siung bawang putih, cincang halus
1 sendok makan saus tiram
1 buah jahe, potong sesuai selera
2 sendok makan kecap manis
1 buah jeruk nipis
Garam secukupnya

Caranya:

  • Cuci bersih ayam, beri sedikit sayatan agar ayam matang sempurna, beri air jeruk nipis, pijat-pijat dan biarkan sebentar, lalu cuci bersih kembali.

    ayam yang telah dicuci bersih, beri sayatan

  • Lumuri ayam dengan garam, biarkan minimal 15 menit.

  • Goreng ayam hingga matang, kalau saya lebih suka digoreng sampai kering. Angkat dan sisihkan.

    ayam yang telah digoreng, siap dimasak goreng mentega

  • Panaskan margarin, tumis bawang putih hingga wangi, kemudian masukan bawang bombay dan jahe, tumis hingga layu.

  • Masukkan saus tiram, kecap manis dan sedikit garam (karena saus tiram dan margarin sudah cukup asin), aduk-aduk hingga tercium wangi kecap, cicipi.

  • Masukkan ayam goreng, aduk-aduk sebentar hingga saus meresap pada ayam, matikan api. Sajikan.

No comments: