Saturday 2 November 2013

Rawon


Setelah melalui beberapa kali perundingan, akhirnya suami mengijinkan saya untuk membuat rawon lagi. Yes, siap-siap berperang dengan kluwak nih :D

Sebelum episode rawon ini berlanjut, suami pernah mengalami trauma, rawon terakhir yang saya buat katanya bener-bener eneg dan dengan halus dia mengatakan jangan buat rawon lagi ya, hikz hikz, sedih sih, tapi emang begitu kenyataannya, rawon yang saya bikin tidak enak, rasanya tidak karuan, benar-benar kacau, bahkan sebelumnya (sewaktu suami masih minum obat herbal, dia memiliki pantangan untuk tidak mengkonsumsi daging sapi) saya sempat membuat rawon dengan daging ayam, gleks, rasa rawon ayam malah lebih parah lagi. Dan dengan waktu yang lamaaaa saya libur membuat rawon.

Beberapa hari ini saya kepengen makan rawon lagi dan misi rayuan maut pulau kelapa sukses diluncurkan, akhirnya mendapatkan restu dari suami. Hihihi...

Mulailah saya mencari referensi resep rawon yang enak dan cocok di lidah. Setelah mencocokkan ke sana kemari, saya memutuskan untuk menggunakan komposisi bumbu yang saya racik sendiri, bumbu yang saya gunakan kali ini lebih banyak macamnya, berharap rasanyapun lebih nendang. Dan benar, rasa rawon buatan saya ini telah lulus sensor oleh lidah suami, horeee... :)

Berikut resepnya:



nasi rawon yang siap disantap, sluruppp

Rawon

Sumber: Dapur Alba15

Bahan:
500 gram daging sapi, potong-potong dadu
1 batang serai, memarkan
4 lembar daun jeruk purut, sobek 2
1 batang daun bawang, potong-potong
1500 ml air

Bumbu halus:
7 siung bawang merah
5 siung bawang putih
5 buah kluwek
3 butir kemiri
1 cm kunyit
1 cm jahe
2 buah cabe rawit merah
1 sendok makan ketumbar
1/2 sendok teh jinten
Sedikit penyedap
Garam dan gula secukupnya

Pelengkap sajian:
Toge pendek
Bawang goreng
Sambal terasi
Kerupuk udang
Telur asin (saya tidak pakai, diganti tempe goreng)


jangan memilih kluwak yang sudah berjamur (gambar kiri atas), katanya rasanya sudah tidak enak

Caranya:
  • Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan serai, daun jeruk dan daun bawang, tumis bumbu hingga benar-benar wangi.
  • Masukkan daging sapi, tumis hingga daging sapi berupa warna.
  • Tambahkan air, masak hingga daging empuk.
  • Rawon akan lebih sedap jika disajikan keesokan harinya.
  • Sajikan hangat dengan pelengkap.

Cara membuat sambal terasi:
Cabe rawit goreng, cabe merah goreng, tomat tanpa biji goreng, dan sedikit terasi yang telah digoreng, semuanya diulek bersama garam dan sedikit gula.


biasanya saya menggunakan toge pendek seperti ini

No comments: