Friday 22 November 2013

Kue Lapis Pandan


Begini nih kalau lagi rajin, kue yang pembuatannya lama seperti ini aja saya betah ngerjainnya, mana buatnya sudah kesorean lagi, tapi jangan khawatir, meskipun kue ini buatnya lama, tapi hasilnya benar-benar setimpal.

Saya mulai membuat kue ini sekitar jam 2 sore, yang diawali dengan memasak santannya, ternyata menunggu santan dingin cukup memakan waktu, mungkin ada baik santan di masak pagi hari, jadi siang/ sorenya sudah bisa mengukus. Dan selesai mengukus sekitar jam 7.30 malam (selama 5 jam lebih), hahaha... meskipun lama, tenang saja, pengerjaannya santai kok, tidak menguras tenaga, palingan menguras gas LPG, hehehe...

Hasil kue ini lembut, sedikit berbeda dengan resep yang pernah saya coba sebelumnya, pokoknya enak banget deh, saya yang awalnya tidak menyukai eh malah ketagihan. Yang awalnya buat suami, eh malah jatahnya diserobot oleh saya, hihihi, jadi malu :D

Berikut resepnya:

Kue Lapis Pandan

Modifikasi: Dapur Alba15

Bahan:
300 gram tepung beras
125 gram tepung tapioka
350 gram gula pasir
1,5 liter santan
10 lembar daun pandan
20 lembar daun suji
1/2 sendok teh garam


1)Daun pandan dan suji, 2)Masak santan, daun pandan dan garam, 3)Gelas plastik yang ditandai sebagai pengukukr, 4)Adonan siap dimasak.

Cara membuat:
  • Masak santan dengan 3 lembar daun pandan dan garam sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Angkat, dinginkan.
  • Ambil 2 gelas santan, 1 gelas masukkan ke blender (1 gelas lagi sisihkan), tambahkan sisa daun pandan dan daun suji, blender, saring dan peras, hingga mendapatkan santan berwarna hijau. Sisihkan.
  • Di dalam wadah, campur tepung beras, tepung tapioka dan gula pasir, aduk rata, tuangi sisa santan sedikit demi sedikit hingga santan habis, saring jika perlu, kemudian bagi adonan menjadi 2 bagian.
  • Satu bagian tambahkan 1 gelas santan yang telah kita sisihkan, satu bagian lagi tambahkan 1 gelas santan hijau, jadi kita punya 2 adonan berwarna putih dan hijau. Aduk rata.
  • Panaskan kukusan hingga airnya mendidih, kecilkan api.
  • Siapkan loyang diameter 22 cm, olesi minyak sayur.
  • Tuang adonan putih dan hijau bergantian, tiap lapisan kukus selama 10 menit, gunakan takaran yang sama untuk menuang adonan putih dan hijau.
  • Tuang adonan sampai habis, terakhir kukus selama 20 menit.
  • Dinginkan. Keluarkan dari loyang, potong-potong menggunakan pisau yang dilapisi plastik.
Note:
Pada lapisan pertama/ kedua, setelah dikukus lapisan akan bergelombang, diamkan sebentar sampai permukaan rata baru kemudian tuang adonan, lanjutkan mengukus.

Saya menggunakan gelas plastik yang saya beri tanda di kapasitas 150 ml.
Bagi yang tidak mau repot, bisa menggunakan pewarna makanan.

No comments: