Friday 22 November 2013

Soto Banjar


Biasanya kalau mau makan soto, saya pasti membuat Soto Lamongan, rasanya sudah cocok, suami juga suka. Tapi kali ini saya ingin mencoba resep baru. Pilihan jatuh pada Soto Banjar. Kebetulan suami juga orang Kalimantan, jadi berharap dia akan menyukainya karena bukan makanan yang asing lagi. Eh tapinya, ketika ditanya bagaimana rasa dan penampilan soto banjar, katanya sudah lupa, hehehe *sudah biasalah.

Soto ini menggunakan banyak sekali rempah-rempah tapi minus kunyit, jadi warna kuahnya bening seperti sop, dan hasilnya.... Astaga, wangiiii banget, bahkan membuat suami tidak sabaran pengen menyicipnya. Pada resep mba Suryana, dia menggunakan ayam kampung, tapi di tempat saya sulit mendapatkan ayam kampung jadi saya ganti dengan ayam negeri/ broiler, jadi sebelumnya ayam saya rebus sebentar, kemudian ganti air dan rebus kembali ayam dengan garam dan daun salam hingga ayam lembut.


Soto Banjar

Sumber: Suryana Maulida
Modifikasi: Dapur Alba15


rempah yang digunakan

Bahan :
1500 ml air
1/2 ekor ayam
3 lembar daun salam
2 butir kapulaga
1.5 cm kayu manis
4 butir cengkih
1/4 sendok teh pala bubuk
Garam dan lada secukupnya
Minyak untuk menumis

Bumbu halus :
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 cm jahe

Bahan pelengkap:
Ketupat, saya tidak pakai
Soun kering, seduh air panas, tiriskan
Perkedel kentang, saya ganti dengan kentang kukus karena suami tidak suka perkedel
Telur rebus, belah 2
Sambal

Bahan taburan:
Daun bawang, iris halus
Seledri, iris halus
Bawang merah goreng
Jeruk nipis, belah-belah
Kecap manis/ asin

Cara membuatnya:
  • Panaskan air hingga mendidih. Rebus ayam bersama garam dan daun salam hingga empuk dan matang. Angkat lalu suwir-suwir ayamnya. Airnya menjadi kuah kaldu. Sisihkan.
  • Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus, kapulaga, kayu manis, cengkih, dan pala hingga harum. Angkat.
  • Masukkan tumisan bumbu ini ke dalam kuah kaldu. Didihkan kembali, kecilkan api, dan masak terus selama 15-20 menit agar aroma bumbu keluar.
  • Siapkan bahan pelengkap dan ayam suwir dalam mangkuk saji. Siram dengan kuah soto yang masih panas. Taburi bahan taburan, beri jeruk nipis dan kecap, dan sambal jika suka. Sajikan hangat. (saya lebih menyukai kecap manis, sedangkan suami menyukai kecap asin, jadi tergantung selera).
Note: Karena banyak menggunakan rempah-rempah, jadinya sedikit sulit untuk memisahkan kuah kaldu dengan rempah. Pada resep lain, rempah-rempah dibungkus dengan kain, lain kali saya akan mencoba cara ini.

No comments: