Saturday 16 February 2013

Bolu Jeruk

Sudah 1 bulan lebih 2 buah jeruk sunkist masih betah berada di kulkas, bingung mau diapain, kalau dimakan begitu aja kok malas ya. Jeruk ini dikasih oleh teman suami yang waktu itu datang menjenguk suami, tidak tanggung-tanggung, mereka membawa parcel buah yang ukurannya besar, alhasil saya tidak perlu belanja buah lagi untuk beberapa hari ke depan.

Yang bikin takjub, meskipun sudah berada di kulkas cukup lama, buah ini tetap mulus dan berwarna cerah, tidak ada tanda-tanda membusuk, hmmm hal inilah yang membuat saya enggan membeli dan mengkonsumsi buah impor, entah bahan kimia apa saja yang telah disemprotkan ke buah ini, tapi kali ini tidak apa-apalah, karena barangnya sudah ada kalau dibuangpun sayang.

Sebelumnya saya pernah membuat bolu kukus dengan air jeruk sunkist juga, saya buat menggunakan cup paper, tapi gagal total, bantat dan rasanya juga sedikit aneh, hanya dimakan beberapa saja, sisanya berakhir di tong sampah. Sedih juga sih. Nah, dari pengalaman ini saya coba mengotak-atik resep lagi. Resep yang saya gunakan adalah resep bolu coklat dari mama, bolu coklat ini sering saya buat karena suami sangat suka dan buatnya juga mudah, jadinya bolu coklat ini menu favorit di rumah, walaupun menurut saya rasanya standar aja hihihi...

Dan hasilnya, Taraaa, sukses! :D Bolunya lembut banget dan ringan, jadi makannya bisa banyak (alasan), hehehe. Tekstur bolu ini beremah dan rasanya tidak terlalu manis (permintaan suami), jika suka manis bisa ditambahkan gula sesuai selera. Awalnya saya sempat bingung kenapa bolunya beremah, setelah dicari di google barulah diketahui penyebabnya adalah Baking Powder (ini pertama kali saya menggunakan Baking Powder pada bolu).

Oiya, saya memanggang bolu ini menggunakan Happy Call. Pertama-tama, panaskan Happy Call dengan api sedang di kedua sisinya, kecilkan api, kemudian tuang adonan. Jangan lupa untuk menggeser Happy Call ke kiri dan ke kanan agar matang merata.



Bolu Jeruk


Bahan:
3 butir telur
120 gram gula pasir
150 gram terigu
75 ml minyak goreng
1/2 sdt baking powder
75 ml air jeruk manis (dapat juga diganti oleh sirup jeruk)
SP sedikit (kira2 1/2 sdt)
Pasta Orange (jika warna masih pucat)

Cara:
  1. Ayak terigu + baking powder. Sisihkan.
  2. Telur, SP, dan gula pasir dimixer sampai mengembang, kental dan berjejak (kurang lebih 10 menit).
  3. Tambahkan terigu dan air jeruk secara bergantian. Aduk rata.
  4. Tambahkan minyak sedikit demi sedikit, aduk rata. Terakhir tambahkan pasta orange, aduk rata.
  5. Tuang ke happy call, panggang selama 5 menit, kemudian balik, panggang lagi selama 2 menit.
Kapan-kapan saya akan coba resep ini untuk buat bolu pisang, soalnya sudah 2x bikin belum berhasil juga, hasilnya selalu bantat. ^_^

No comments: