Monday 7 October 2013

Bolu Kukus Mekar Rasa Cocopandan (Sirup)


Setelah sukses membuat bolu kukus mekar sebelumnya, saya menjadi ketagihan. Pagi-pagi sudah pegang mikser, siap-siap membuat bolu kukus lagi :) Tekstur bolu ini sudah cocok banget sama lidah saya, rasanya lembut dan manisnya pas. Setelah 3 haripun bolu ini masih lembut (dengan catatan saya simpan pada wadah tertutup), pokoknya top deh, bahkan menjadi inspirasi saya buat dagang, hihihi...

Berhubung ini hari minggu, bolunya saya buat 1 resep (alias 2 telor), karena biasanya saudara atau teman suka berkunjung ke rumah, jika tidakpun bisa saya berikan ke tetangga.

Kali ini saya isi adonan ke cetakannya penuh-penuh, dan ternyata hasilnya malah lebih mekar, cantikkk sekali bolunya, bahkan sisa adonan yang cuman sedikit, tetap mekar setelah dikukus.


bahkan yang imut-imutpun ikut mekar :D

Bolu Kukus Mekar Rasa Cocopandan

Sumber: Lisa Basuki
Modifikasi: Dapur Alba15

Bahan:
2 butir telur
225 gram gula pasir
1 sendok teh SP
250 gram terigu protein rendah
50 gram maizena
100 ml sirup cocopandan + 100 ml air matang (jadi total 200 ml)

Cara membuat:
  • Aduk rata dan ayak tepung terigu dan maizena, sisihkan.
  • Kocok telur, gula dan SP sampai kental dengan mixer kecepatan tinggi, tuang 2 sendok makan sirup yang sudah dilarutkan bersama air, lanjutkan mengocok sampai betul-betul kental.
  • Masukkan 1/3 bagian tepung, kocok dengan mixer kecepatan rendah.
  • Masukkan 1/2 bagian larutan sirup, kocok lagi, lakukan bergantian dengan tepung dan larutan sirup, terakhir yang dimasukan adalah tepung.
  • Setelah semua bahan tercampur rata, tuang adonan kedalam cup bolu kukus, kukus hingga matang, kira-kira selama 15-20 menit.


ambil sedikit adonan, beri pewarna merah

Note:
Air kukusan harus benar-benar mendidih dan beruap banyak.
Tinggi air kukusan jangan terlalu banyak.
Lapisi tutup kukusan dengan kain supaya air tidak menetes.

Hasil: 15 cup isi penuh + 1 cup imut (saya menggunakan cetakan bolu kukus plastik yang saya beli di pasar, ukurannya cukup besar).

Bolu ini hanya bertahan 1 hari saja, ludes semua, saya bagikan ke tetangga, ada yang dibawa pulang saudara dan teman. Puasss banget :)

2 comments:

winartiwi said...

terimakasih atas resepnya....
saya sudah mencoba dengan bahan resep bolu kukus mekar rasa moka namun dengan tampilan bolu kukus mekar rasa melon :)
hasil akhir sudah mekar bagus tapi kue agak bantat.
mohon bantuannya, kenapa seperti itu ya?

terimakasih
salam
winartiwi

Hannie said...

hi mba winartiwi, waduh maaf sekali baru balas komennya, karena selama ini saya tidak aktif ngeblog lagi. apakah bantatnya bagian bawah ya mba? menurut dari yang saya baca2, air kukusan terlalu banyak, jadi uap air yang dihasilnya buanyak banget sehingga membasahi kue bagian bawahnya, coba air kukusannya dikurangi, dan selama pengukukusan jangan lupa untuk dicek, takutnya air sudah kering.