Sunday 3 November 2013

2-Layer Cake


Awalnya iseng-iseng aja bikin kue ini, pengen menghabiskan stok selai strawberi yang kurang peminatnya, hehehe... Sengaja dibikin mirip Lapis Surabaya, tapi sayang stok pasta coklatnya sudah lewat tanggal kadaluarsanya, jadinya pake pasta moka, oala malah makin mantap.

Resep cake ini sudah sangat sering dieksekusi, malah jauh sebelum saya punya oven, manggangnya menggunakan Happy Call. So, bagi teman-teman yang ingin membuat cake dengan Happy Call, resep ini cocok, tapi jangan dibagi 2 ya adonannya, nanti jadinya tipis banget, cukup dituang semuanya, setelah matang tinggal cakenya dipotong bagi 2 terus ditumpuk, hehehe... Tetap jadi 2 layer bukan?! Jangan lupa gunakan api yang super kecil, terus Happy Callnya digeser ke kiri dan kanan agar matangnya rata, dan setelah permukaannya atas cake cukup kering, biasanya Happy Callnya saya balik, jadi permukaan atas cakenya juga kering. Total lama pemanggangan sekitar 8-10 menit saja, cepat ya?!


ini foto cake yang dulu saya buat menggunakan Happy Call, tengahnya krim moka, enakkk

Kembali ke 2-Layer Cake ini, dalam proses pembuatannya saya mendapatkan ilmu baru. Ternyata cake jangan terlalu lama di panggang agar teksturnya masih cukup lembab dan lembut, mungkin karena itulah banyak yang menyarankan menggunakan api atas dan bawah, sip besok-besok akan saya coba lagi. Oiya teman-teman, maaf ya saya menggunakan loyang yang ukurannya tidak standar, asalnya loyang ini saya pesan khusus untuk Happy Call, yang pasti sih ukuran loyang kecil aja. Setelah saya hitung-hitung mungkin bisa menggunakan loyang ukuran 18x18cm, semoga ukurannya pas ya.

2-Layer Cake

Sumber: Dapur Alba15

Bahan:
3 butir telur
120 gram gula pasir
150 gram tepung terigu, ayak
100 gram margarin, lelehkan
1 sachet susu kental manis (42 gram), larutkan dengan 100 ml air
1/2 sendok teh SP
1 bungkus kecil vanili bubuk
1 sendok teh coklat bubuk
Sedikit pasta coklat (berhubung pasta coklatnya sudah kadaluarsa, diganti pasta moka)
Selai sesuai selera

Cara:
  • Mikser telur, gula, SP dan vanili, sampai mengembang, kental dan berjejak dengan kecepatan tinggi.
  • Kecilkan kecepatan mikser, tambahkan terigu dan susu secara bergantian.
  • Terakhir tambahkan margarin cair, aduk rata.
  • Matikan mikser.
  • Gunakan spatula untuk merapikan adonan.
  • Siapkan 2 buah loyang ukuran 17x21x3.5 cm, oles margarin dan tabur dengan terigu.
  • Tuang 1/2 adonan ke loyang, panggang dengan suhu 170 derajat celcius dengan api bawah dan atas selama kurang lebih 20 menit (jangan terlalu lama memanggang).
  • Pada 1/2 adonan lainnya, tambahkan coklat bubuk (sambil diayak) dan pasta coklat (saya pasta moka) ke dalam sisa adonan, aduk rata, tuang ke loyang, panggang dengan suhu 170 derajat celcius dengan api bawah dan atas selama kurang lebih 20 menit juga.
  • Setelah matang, keluarkan dari loyag, oles kue dengan selai, tumpuk menjadi 2 lapis. Sajikan.

Cake ini disukai oleh ponakan yang kebetulan sedang main ke rumah, entah sudah berapa potong yang telah dia lahap, senangnya :)


cake saya taruh di wadah tertutup di suhu ruangan, biasanya tahan sekitar 3 hari

No comments: