Sunday 23 June 2013

Daging Sapi + Tahu Masak Lada Hitam (versi ekonomis :D)


Sudah beberapa hari ini, pengen sekali masak sapi lada hitam, akhirnya hari ini baru kesampaian. Sudah terbayang kelezatannya hmm pasti akan menjadi menu istimewa hari ini. Meskipun ini hari minggu, di mana pasar biasanya rame dan menyebabkan antrian bayarnya lama, tapi tetap aja saya semangat ke pasar membeli daging sapi dan bahan-bahan lainnya, berdiri sejam ayoo, siapa takut, hihihi... :D

Dan benar saja, ketika suami menyantapnya, katanya Enak! Ga kalah deh sama buatan Tawan (biasa kami menyantap sapi lada hitam di restoran ini) dan kalo disajikan direstoran ga akan malu-maluin. Hihihihi kebayang dong gimana senangnya, maklum suami termasuk orang yang susyeeehh minta ampun soal makan.

Awalnya pengen bikin sapi lada hitam aja, tanpa tambahan tahu, tapi berhubung harga daging sapi mahal, jadinya saya akali dengan menambahkan tahu yang sudah digoreng agar porsinya cukup untuk 1 hari ini (makan siang dan malam). Kami berdua juga tidak menyukai paprika, jadi paprika saya ganti dengan cabe merah/hijau besar yang telah dibuang bijinya, tentu harga cabe lebih murah dibandingkan paprika, sehingga kalau nanti tidak dimakan dan terbuang bukan menjadi pemborosan besar.


dimakan sama nasi hangat, slurrruupp mantap


Daging Sapi + Tahu Masak Lada Hitam

Sumber: Just Try and Taste
Modifikasi: Dapur Alba15

Bahan:
250 gram daging sapi (tenderloin/has dalam), potong dadu (sesuai selera)
1 buah tahu, ukuran kotak besar, goreng
1 buah bawang bombay, potong menjadi 8 bagian
1 ruas jahe, cincang halus
3 buah cabe besar, buang biji, potong-potong
3 buah cabe merah besar, buang biji, potong-potong
Garam dan gula secukupnya
Sedikit saus tiram dan kecap manis
Sedikit air
Minyak untuk menumis

Perendam:
2 siung bawang putih, parut
1 1/2 sendok teh lada hitam, haluskan
1/2 sendok teh minyak wijen
2 sendok teh kecap asin
1 ssendok teh kecap manis

Caranya:
  • Taruh daging dalam mangkuk, beri bumbu perendam, biarkan selama 30 menit.
  • Panaskan sedikit minyak dalam wajan, tumis daging yang telah direndam bumbu, aduk-aduk, tambahkan sedikit air (jika sewaktu memasak daging mengeluarkan air yang cukup banyak, tidak perlu menambahkan air lagi) masak hingga daging matang dan sisihkan.
  • Pada wajan yang sama, panaskan sedikit minyak, tumis bawang bombay dan jahe sampai wangi, tambahkan cabe merah dan hijau besar, aduk-aduk. Masukkan tumisan daging, saus tiram, kecap manis, garam dan gula secukupnya, tambahkan sedikit air agar bumbu merata dan meresap ke daging. Masak hingga semua bahan matang. Cicipi dan angkat.
  • Sajikan selagi hangat dengan nasi putih. Mantap :D

Note: Chinese Food sangat sedap disantap ketika baru matang dan hangat, jadi bahan-bahan di atas saya bagi dua (untuk makan siang dan malam), khusus untuk dagingnya, saya bagi 2 setelah ditumis dan matang.

No comments: