Monday 28 October 2013

Jus Wortel dan Tomat, Sungguh Bermanfaat


Selain jus labu siam, saya juga sering membuat jus campuran wortel dan tomat, bedanya kalo jus labu siam saya parut, sedangkan jus wortel tomat ini diblender. Wortel yang saya gunakan adalah wortel lokal, jika ingin rasanya lebih manis dan airnya banyak, bisa menggunakan wortel impor, tapi saya sedang menggurangi mengkonsumsi sayur/buah impor, yang menurut saya lebih banyak menggunakan bahan kimia/pengawet. Wortel impor biasanya lebih tahan lama dibandingkan wortel lokal, saya pernah menyimpannya di kulkas selama 2 minggu dan si wortel masih baik-baik saja, sedangkan wortel lokal yang biasa saya beli selama 3-5 hari saja sudah mulai berair, meskipun sudah saya bungkus rapi dengan kertas dan plastik.

Awalnya saya tidak begitu menyukai jus ini, tapi seiring berjalannya waktu saya mulai terbiasa meminumnya dan mulai menyukainya, tapi hal ini tidak berlaku bagi suami, setelah sekian lama dia masih tidak menyukainya. Setiap disuruh minum, pasti deh dia buru-buru menghabiskannya, glek glek glek, katanya biar cepat tuntas dan biasanya dia langsung minum air putih untuk menetralkannya.


Mengenai jus ini, saya ingin berbagi sedikit pengalaman saya. Kira-kira 2 bulan yang lalu, payudara sebelah kiri saya terasa nyeri, emang sih tidak terlalu sakit, hanya sesekali nyeri, tapi nyeri itu berlanjut selama 3 hari berturut-turut dan ini pertama kali terjadi sehingga membuat saya sangat cemas. Akhirnya saya niatin untuk membuat jus wortel tomat, ternyata rasa nyeri itu hilang sampai sekarang tidak pernah terasa nyeri lagi. Jadi sampai hari ini saya cukup rutin membuat jus wortel ini, biasanya setelah beberapa hari, saya buat jeda (libur) tidak mengkonsumsinya, nanti diulang lagi, begitu seterusnya sampai sekarang.

Untuk melengkapi tulisan ini, saya mencoba mencari manfaat dari wortel dan tomat ini, berikut manfaat dari Wortel dan Tomat:

Tomat
Manfaat tomat, yaitu:

  • Tomat kaya akan vitamin A, vitamin C, mineral, serat dan zat fitonutrien.

  • Tomat mengandung likopen. Selain memberikan warna merah pada buah tomat, likopen terbukti efektif sebagai zat antioksidan. Manfaat Likopen, seperti: menurunkan risiko terkena kanker, terutama kanker prostat, lambung, tenggorokan dan usus besar.

  • Tomat juga bisa menyembuhkan luka dan jerawat.

  • Tomat dapat membantu membersihkan hati dan darah kita.

  • Tomat dapat mencegah penggumpalan darah

  • dll

Wortel
Manfaat wortel, yaitu:

  • Wortel kaya akan vitamin A, berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan juga bisa mencegah dari penyakit gangguan penglihatan seperti katarak.

  • Wortel juga mengandung vitamin E, berperan untuk regenerasi kulit agar tetap segar, bebas dari jerawat serta mampu memperlambat penuaan dini.

  • Warna kuning/oranye dari wortel menunjukkan kandungan karotin. Kandungan karotin dan senyawa antioksidan lainnya pada wortel dapat menurunkan resiko kanker.

  • Mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sehingga bisa terhindar dari kematian gara-gara stroke.

  • Dll

Selain itu, saya baca di sebuah forum, katanya jus wortel dan tomat ini juga bagus untuk yang sedang program hamil, hihihi...

Cara membuatnya:
Biasanya sekali buat saya menggunakankan takaran 3 buah wortel dan 1 buah tomat ukuran besar yang berwarna merah matang (agar rasanya tidak asam) dan ditambah air matang yang jumlahnya kira-kira aja. Setelah diblender, saya saring menggunakan kain saringan dan saya peras hingga ampasnya kering dan tidak mengelurkan air lagi, lalu dibagi dua, untuk saya dan suami. Jus ini sengaja tidak saya tambahkan gula, jadi rasa manisnya alami dari wortel dan tomat.

1 comment:

keysha said...

saya juga kurang suka jus tomat..
kalo dimasak saya suka