Tuesday 18 June 2013

Roti Isi Daging Kari + Roti dalam Cup


Berdasarkan ramalan cuaca by DA15 :D cuaca hari ini akan cerah dan panas karena kemarin seharian hujan dan mendung. Dan benar, cuacanya cerah, horee waktu yang cocok untuk bikin roti :D

Sudah lama pengen bikin roti isi daging kari ini, gara-gara melihat blog mba endang, bumbu kari instanpun uda berbulan-bulan mendekam di laci harta karun, menunggu mood datang, yang kebetulan datang hari ini, YESS!

Kali ini ga tanggung-tanggung, saya akan bikin dengan jumlah tepung 500 gram, sungguh luar biasa mood saya hari ini ya, 2x lipat dari biasanya boo, biasanya saya hanya berani nguleni 250 gram saja, takut ga habis, karena yang makan hanya saya dan suami... Dengan kepercayaan tinggi dan pengalaman bikin roti yang seumur jagung, tetap aja saya meluncur ke dapur, eit sebelumnya ke pasar dulu beli daging sapi, hehehe...

Dan untuk resep roti, saya sedikit memodifikasi resep yang mama berikan, biasanya menggunakan air matang biasa, nah berhubung kemarin abis beli susu segar 1 liter, saya memutuskan untuk menggunakan susu cair saja sebagai pengganti air matang. Susu segar ini saya simpan di kulkas, kemudian saya biarkan di suhu ruangan kira-kira 15 menit jadi keadaan masih sedikit dingin.

Lama nguleni tadi kira-kira 30 menit, ahh ternyata nguleni adonan roti mengunakan LG (Lengan Gede :D ) tidak seseram dan mengerikan yang dibayangkan, waktu 30 menit tidak terasa melelahkan, apalagi hasil yang didapat sangat memuaskan, benar-benar setimpal. Sebelumnya saya selalu menggunakan mixer untuk menguleni adonan roti karena takut mixernya nanti tidak awet, jadi saya memutuskan menggunakan LG sekalian mengurangi lemak-lemak yang bergantungan di lengan ini :D Berikut resepnya:



Roti Isi Daging Kari

Isian
Sumber: Just Try & Taste
Modifikasi: Dapur Alba15

Bahan & bumbu kari daging:
200 gram daging sapi cincang
2 butir bawang putih, cincang halus
1/2 butir bawang bombay, cincang kasar
1 ruas jahe, cincang halus
1 sendok makan bumbu kari instan
1 sendok teh kecap asin
1/2 sendok makan tepung terigu
Garam dan gula pasir secukupnya
Sedikit air
Minyak goreng untuk menumis

Cara Isian:
Siapkan wajan, panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang bombay dan jahe hingga harum. Masukkan daging cincang, aduk-aduk hingga daging berubah warna. Masukkan semua bumbu lainnya, aduk rata, tambahkan sedikit air dan masak hingga tumisan daging matang. Taburi dengan sedikit tepung terigu, aduk rata. Cicipi rasanya, angkat dan dinginkan.


hasilnya ngembang banget, puasss deh ;)

Roti
Sumber: Dapur Alba15

Bahan Roti:
500 gram tepung terigu protein tinggi
100 gram gula pasir
50 gram margarin
250 ml susu cair (200 ml dari susu segar + 50 ml air matang)
2 butir kuning telur
6 gram ragi instan (1/2 bungkus fermipan)
Sedikit garam (tadi kelupaan)

Olesan:
Susu cair
Margarin

Cara Roti:
  • Campur tepung, gula dan ragi, aduk rata. Tambahkan kuning telur dan masukkan susu cair sedikit demi sedikit, uleni terus sampai setengah kalis.
  • Tambahkan margarin, pada tahap ini, menguleni akan terasa lebih menyenangkan, mengapa? Karena sebelumnya kita akan direpotkan dengan adonan yang lengket di tangan, nah setelah kita taruh margarin adonan akan licin membuat pekerjaan menguleni akan terasa lebih ringan. Uleni terus sampai kalis dan elastis.
  • Kemudian diamkan 20 menit. Bagi-bagi adonan sesuai keinginan, bentuk bulat dan diamkan selama 15 menit.
  • Beri isian dan poles bagian atas roti dengan susu cair, diamkan lagi selama 15 menit.
  • Panggang roti dengan suhu 200 derajat (tergantung oven yang digunakan) selama 15 menit (10 menit api bawah dan 5 menit api atas).
  • Setelah matang, selagi panas olesi permukaan roti dengan margarin.
Roti yang saya hasilkan:
7 buah roti isi daging kari.
Dan sisanya saya isi keju cheddar parut dan saya taruh di papercup, sebanyak 11 buah.

Note:
Sebagai catatan saya karena ini cukup penting, meskipun uda berusaha abis-abisan suami tetap tidak suka roti isi daging, favoritnya masih standar aja, yaitu roti isi coklat, keju atau srikaya. Hikss padahal roti yang saya buat ini lembutttt banget, super nyummie!

Abis bikin, baru deh bingung roti ini mau dikasih siapa karena jadinya buanyak banget dan gendut-gendut pula. Hahahah...

2 comments:

blog said...

sembari blog walking kayaknya enak juga nih rotinya

admin said...

thanks bos :D